BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 08 Februari 2011

ETNIS HEZHE DI CHINA

Etnis Hezhe merupakan etnis minoritas yang jumlah anggotanya sangat kecil, menjadi etnis yang kedua paling kecil di Cina. Mereka kebanyakan tinggal di Provinsi Heilongjiang, bagian timur laut Cina.

Pakaian mereka yang terbuat dengan kulit ikan telah memperlihatkan kecerdasan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan dan menggunakan sumber alam yang ada di sekitar mereka.

Kulit ikan yang disiat akan dikeringkan. Setelah itu, mereka akan memukul kulit ikan tersebut dengan batang kayu sehingga kulit itu menjadi sangat lembut. Kemudian, mereka menjahit kulit itu dengan menggunakan benang yang juga terbuat dari kulit ikan.

Karena pengaruh etnis Man, yang juga tinggal di bagian Timut laur Cina, pakaian orang etnis Hezhe ini serupa dengan pakaian mereka, Cheongsam. Namun, dengan meningkatnya sisioekonomi mereka, bahan yang digunakan oleh orang etnis ini untuk membuat pakaian sehari-hari juga berubah. Kini, pakaian yang terbuat dengan kulit ikan hanya disimpan di museum sebagai warisan kerajinan tangan.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA