BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 17 Januari 2011

YUE FEI - PAHLAWAN YANG SETIA MELAYANI NEGARA

Yue Fei dilahirkan dalam sebuah keluarga yang miskin pada tahun 1103. Sejak kecil, beliau rajin membaca berbagai jenis buku, lebih-lebih lagi buku tentang teori militer. Ia juga mahir teknik berjuang dengan menggunakan berbagai jenis senjata dalam latihan yang ketat. Pada tahun 1126, ketika menyelamatkan kota Bianliang, ibukota Dinasti Song Utara yang telah dikepung oleh tentara negeri Jin, Yue Fei bergabung militer pimpinan Zong Ze.

Sebelum meninggalkan rumah, ibunya mencucukkan kata "bersetia dan melayani negara di belakang Yue Fei. Meskipun tim Yue Fei sudah beberapa kali mengalahkan tim Jin, namun, tetap gagal menyelamatkan administrasi Song Barat dari keruntuhan. Pada tahun 1127, Bianliang telah ditawan sementara, Maharaja Hui dan Qin pula diculik oleh tentara Jin. Pada bulan kelima tahun itu, Gaozong naik Tahta, beliau mundur ke area selatan Tiongkok dan memulai administrasi Song Selatan.

Kaisar Gaozong sering menggunakan taktik dengan melarikan diri ketika menghadapi serangan dari Jin. Meskipun jabatan Yue Fei sangat rendah dalam militer, ia juga mengemukakan rekomendasi untuk menyerang penyerang di bagian utara. Langkah ini menimbulkan kemarahan kaum yang menyerahkan diri pada pemerintah. Akhirnya, Yue Fei dipecat. Yue Fei terpaksa bergabung lagi tim Zong Ze.


Setelah Zong Ze meninggal, Yue Fei bersumpah akan melanjutkan hasratnya untuk merebut kembali wilayah Dinasti Song dan menyelamatkan Kaisar Hui dan Qin. Pada tahun 1129, Jenerai negeri Jin, Wuzhu telah membawa tentaranya untuk menyerang ke selatan. Yue Fei memimpin pasukannya buat kali enam berturut-turut dan berhasil mengalahkan tentara penyerang Jin. Pada tahun 1130, tim Yue fei berhasil merebut kembali kota Jiankang.

Setelah itu, tim Yue Fei terus membalas serangan dari penyerang di utara dan juga mematahkan pemberontakan di area selatan, dan memberi kontribusi yang cemerlang untuk memperkuat administrasi Dinasti Song Selatan. Beliau telah menganugerahi beliau bendera tentara yang ditulis "Yue Fei yang setia" yang diserahkan sendiri oleh beliau.

Beliau hanya ingin mengatur administrasi di selatan saja. Pada tahun 1136, atas desakan yang semakin kuat, beliau terpaksa setuju Yue Fei, Han Shizhong dan beberapa jenderal lainnya memimpin tentaranya untuk berperang dengan penyerang di utara. Dalam serangan kali ini, Yue Fei berhasil merebut beberapa kota penting. Sedangkan, tim yang dipimpin oleh orang lain tidak ikut memerangi musuh, tanpa dukungan dari tim yang lain, Yue Fei terpaksa mengundurkan diri. Negeri Jin menandatangani perjanjian damai dengan Dinasti Song Selatan.

Pada tahun 1140, tentara Jin kembali menyerbu Song Selatan. Yue Fei memimpin pasukannya untuk membalas serangan Jin dan berhasil mengalahkan tentara utama Jin di pekan Zhuxian. Ketika Yue Fei bersiap untuk menyerang Huanglong, ibukota Jin, Kaisar Gaozong mengarahkan Yue Fei agar cepat mundur sebanyak12 pula berturut-turut.

Yue Fei menyatakan dengan sedih bahwa usahanya selama sepuluh tahun telah musnah hanya dalam sehari saja. Kota-kota yang telah berhasil dirampas kembali hilang dalam waktu sehari saja. Departemen Song tidak mungkin dibangkitkan kembali. Ketika balik ke ibukota, Yue Fei terus dijatuhi hukuman penjara dan diracun sampai mati dengan tuduhan yang tidak jelas.

Dari 126 pula pertempuran yang dipimpin oleh Yue Fei, pasukannya tidak pernah tewas walau sekali pun. Sedangkan musuhnya, yaitu tentara Jin pula menyatakan adalah lebih mudah untuk menggoyangkan gunung dari menggoyangkan tim Yue Fei yang terlalu sulit. [Yinnihuaren/Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA