BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 03 Mei 2012

GO HO CIONG KUN, LIMA JENDERAL HARIMAU

五虎將軍 Wu Hu Jiang Jun {Hok Kian = Go Ho Ciong Kun} adalah Lima Jendral Harimau. Dalam cerita-cerita klasik Tiongkok banyak terdapat kisah-kisah yang menceritakan tentang keberanian jendral yang karena keperwiraannya diberi julukan Jendral Harimau. Dalam cerita San Guo Yan Yi {Sam Kok Yen Gi = Kisah Tiga Kerajaan}, kelima Jendral Harimau tersebut adalah sbb:

1. 關公 Guan Gong {Kwan Kong}
2. 張飛  Zhang Fei {Thio Hui}
3. 張朱龍  Zhang Zhu Long {Thio Cu Liong}
4. 黃仲  Huang Zhong {Oey Tiong}
5. 馬銚  Ma Diao {Ma Tiauw}

Namun di Kim Tek Ie ini bukan kelima Jendral Harimau tersebut yang dihormati, namun semata-mata adalah perwujudan dari Tu Di Gong {Tho Te Kong = Dewa Bumi).

Menurut kepercayaan Tho Te Kong sering kali mengejawantah sebagai harimau. Tho Te Kong sendiri dianggap sebagai dewa yang berkuasa memberi rahmat kepada umatnya. Ditampilkan dengan wujud Lima Harimau dan ada di Lima Penjuru (Timur, Selatan, Tengah, Barat & Utara), bermakna Tho Te Kong itu ada di mana saja. Dalam wujud animasi harimau dipercaya dapat menolak pengaruh-pengaruh buruk yang mungkin datang dari 5 penjuru. [Erni Tjong / Singkawang]

* Sumber: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA