BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 03 Mei 2012

HWA KONG HWA PHO, DEWA & DEWI PERJODOHAN

Hua Gong 花公 {Hok Kian = Hwa Kong} adalah salah satu putra dari Pangeran Bun dan merupakan saudara muda Kaisar Bu Ong. Beliau hidup semasa dinasti Ciu Barat (1027-771 SM). Hwa Kong merupakan salah satu orang suci pada masa itu dengan panggilan Ciu Kong Tan.

Sebagai orang suci bijaksana beliau menyusun kitab-kitab peradaban. Misalnya Ciu Lee (kitab adat istiadat dinasti Ciu), yang berisi adat perkawinan & perkabungan. Ada juga kitab tafsir mimpi, firasat, dan lain-lain yang sampai detik ini masih menjadi rujukan berbagai kalangan.

Namun rakyat terutama menghormati beliau sebagai Dewata Pengikat Perjodohan. Pada hari ulang tahunnya para umat yang belum menikah mempersembahkan keranjang bunga (Hwa Lan) dengan harapan agar cepat memperoleh jodoh (enteng jodoh).

Hwa Kong biasa ditampilkan dengan kedua istrinya, yang pertama (Twa Ma) di sebelah kirinya, sedangkan yang bercengkerama dengan anak-anak kecil adalah istri keduanya (Ji Ma). Perlu ditambahkan dalam beberapa hal Khong Hu Cu menganggap Ciu Kong Tan sebagai guru spiritualnya. [Erni Tjong / Singkawang]

* Sumber: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA