BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 30 Januari 2011

TIAN QIN

Tianqin, yang juga dikenali sebagai Qin Harian atau Bing Ting ini, merupakan alat musik petikan tradisional yang amat popular dalam masyarakat etnis Zhuang, yang kebanyakan mereka tinggal di kaunti Longzhou, bandar Chongzuo, Wilayah Autonomi Zhuang Guangxi, di bahagian barat daya China. Alat musik ini sudah mempunyai sejarah lebih seribu tahun.

Tianqin terdiri daripada tiga bagian, yaitu kepala, pemegang dan badan. Bahagian badannya ialah sebuah kotak resonans yang berbentuk separuh bulatan. Ia diperbuat daripada labu, dan ditutup dengan papan kayu pohon parasol. Pemegangnya pula diperbuat daripada bahan kayu biasa, dan dipasang dengan dua utas tali.

Tianqin biasanya dimainkan untuk persembahan solo atau berkumpulan, ataupun dimainkan sebagai iringan musik dalam persembahan tarian.

Disalin oleh: Mei-Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA