BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 04 Januari 2012

SAM KWAN TAI TE: KAISAR TIGA DUNIA

San Guan Da Di {Hok Kian = Sam Kwan Tai Te} adalah Tri Murti Taois, dianggap sebagai wakil Tuhan Yang Maha Esa di dunia. Nampak dalam perwujudan sebagai Kaisar Tiga Dunia : Langit, Bumi & Air, terdiri dari 3 (tiga) orang, dan secara umum disebut San Jie Gong {Hok Kian = Sam Kai Kong}.

Sebutan untuk San Goan Da Di ada bermacam-macam :

Pertama:

Sebutan San Yuan {Hok Kian = Sam Gwan}. Sebutan ini menunjukkan waktu ketiga Kaisar tersebut turun ke dunia, yaitu:

1). Cia Gwe Cap Go (tgl 15 bulan 1 Imlek) = Shang Yuan {Hok Kian = Siang Gwan}

2). Cit Gwe Cap Go (tgl 15 bulan 7 Imlek) = Zhong Yuan {Hok Kian = Tiong Gwan}

3). Cap Gwe Cap Go (tgl 15 bulan 10 Imlek) = Xia Yuan {Hok Kian = He Gwan}

Kedua:

Sebutan San Guan {Hok Kian = Sam Kwan}. Sebutan ini ditinjau dari pangkatnya, yaitu: Tian Guan, Di Guan, Shui Guan, yang merupakan pemberi berkah, pengampunan dosa & pelindung dari bencana & malapetaka.

Ketiga:

Terkenal dengan sebutan San Goan Da Di {Hok Kian = Sam Kwan Tai Te}. Gelar ini diberikan oleh Maha Dewa Yuan Shi Tian Zun.

Tian Guan diberi gelar Zi Wei Da Di {Hok Kian = Ci Wi Tai Te}.

Di Guan diberi gelar Qing Xu Da Di {Hok Kian = Ching Hi Tai Te}

Shui Guan diberi gelar Dong Xu Da Di {Hok Kian = Thong Hi Tai Te}

Ketiga Da Di ini secara bersama-sama disebut San Guan Da Di.

Penjelasan San Guan Da Di adalah sebagai berikut:

1). Tian Guan {Thien Kwan} = Dewa Penguasa Langit; menguasai peredaran matahari, bulan, bintang, udara, dan benda semesta lainnya. Tian Guan turun ke dunia untuk memberikan berkah kepada umat manusia setiap tanggal 15 bulan 1 Imlek {Cia Gwe Cap Go}, oleh karena ini beliau disebut Shang Yuan. Gelar lengkapnya adalah Shang Yuan Ci Fu Tian Guan Yi Ping Zi Wei Da Di (disingkat Shang Yuan Tian Guan Da Di), yang berarti sebagai berikut : Zi Wei Da Di adalah gelar Tian Guan, penguasa langit pertama (Tian Guan Yi Ping), pada waktu Shang Yuan (Cia Gwe Cap Go) turun membagi berkah (Ci Fu). Hari Se Jit Tian Guan diperingati setiap tanggal 15 bulan 1 Imlek (Cia Gwe 15).

2). Di Guan {Tee Kwan} = Dewa Penguasa Bumi; berkuasa atas terciptanya semua yang ada di dunia, termasuk manusia, binatang & tumbuhan. Di Guan turun ke dunia untuk mengatur kelahiran & kematian, mengatur hasil panen, mengatur tempat-tempat yang sunyi untuk roh-roh manusia ke akherat dan mengurus pengampunan dosa pada setiap tanggal 15 bulan 7 Imlek {Cit Gwe Cap Go}, oleh karena ini beliau disebut Zhong Yuan. Gelar lengkapnya adalah Zhong Yuan She Zui Di Guan Er Ping Qing Xu Da Di (disingkat Zhong Yuan Di Guan Da Di), yang berarti sebagai berikut : Qing Xu Da Di adalah gelar kehormatan Di Guan, penguasa bumi tingkat menengah (Di Guan Er Ping), pada waktu Zhong Yuan (Cit Gwe Cap Go) datang ke dunia untuk mengampuni dosa-dosa manusia (She Zui). Hari Se Jit Di Guan diperingati setiap tanggal 15 bulan 7 Imlek (Cit Gwe 15).

3). Shui Guan {Cui Kwan} = Dewa yang menguasai peredaran air, hujan, sumber di gunung, sungai, lautan dan mengatur angin yang membawa hujan, banjir & segala sesuatu yang berhubungan dengan air. Shui Guan turun ke dunia untuk mengatur peredaran air & membebaskan manusia dari berbagai musibah yang ada hubungannya dengan air pada tanggal 15 bulan 10 Imlek {Cap Gwe Cap Go}, oleh karena ini beliau disebut Xia Yuan. Gelar lengkap beliau adalah Xia Yuan Jie E Shui Guan San Ping Dong Xu Da Di (disingkat Xia Yuan Shui Guan Da Di), yang berarti sebagai berikut : Dong Xu Da Di adalah gelar kehormatan Shui Guan, Penguasa Air Tingkat Bawah (Shui Guan San Ping), pada waktu Xia Yuan (Cap Gwe Cap Go) datang ke dunia menolong manusia menghindarkan bencana (Jie E). Hari Se Jit Shui Guan diperingati setiap tanggal 15 bulan 10 Imlek (Cap Gwe 15).

Keempat:

Ada lagi sebutan San Yuan Gong {Hok Kian = Sam Gwan Kong}. Sebutan ini muncul dari anggapan bahwa Tian Guan, Di Guan & Shui Guan sesungguhnya adalah sebutan penuh penghormatan kepada 3 orang kaisar zaman dulu yang terkenal yaitu Kaisar Yao {Hok Kian = Giauw}, Kaisar Shun {Sun}, dan Kaisar Yu {Ie}.

Kaisar Yao [2357 – 2258 SM], Shun [2225 – 2205 SM] & Yu [2205 – 2198 SM] merupakan 3 Kaisar Suci yang adil, bijaksana & sangat memperhatikan kepentingan rakyatnya, sehingga ketiga Kaisar ini menjadi contoh ideal Kong Zi {Khong Hu Cu}, Meng Zi {Beng Cu}, dan para ahli filsafat lainnya dalam mengajar kepada murid-muridnya, dan juga sering digunakan oleh para ahli filsafat tersebut untuk memberi teladan bagi kaisar-kaisar yang bertahta kemudian.

Oleh rakyat, Kaisar Yao, Shun & Yu dipuja sebagai Tian Guan, Ti Guan dan Shui Guan. Mereka bertiga disebut San Yuan Gong dan kelentengnya banyak tersebar di mana-mana. Mereka dipuja sebagai Dewa yang mengawasi perbuatan baik buruk manusia dan Dewa pelindung kehidupan.

Rupang Sam Kwan Tai Te banyak terdapat di dalam kelenteng, baik di daratan Tiongkok maupun di Hongkong. Di Taiwan terutama di Tai Nan ada 3 kelenteng yang khusus menghormati San Guan Da Di, yaitu San Guan Tang, San Jie Tang & San Guan Da Di Miao. Di pulau Jawa penghormatan kepada Sam Kwan Tai Te, selain di kelenteng Kim Tek Ie, Jakarta juga terdapat di kelenteng Tiauw Kak Si, Cirebon, & kelenteng Tay Kak Si, Semarang. [Teo Ai Ping / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA