BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 15 Januari 2011

LEGENDA DEWA TANAH 土地神

Dewa Tanah, umumnya dikenal sebagai "Lord of Land", "Tanah Guru" atau "Tanah Ketuhanan", mungkin dewa terendah peringkat dan paling diperhatikan dari semua dewa, tapi salah satu dewa yang paling banyak disembah di antara cina orang. Di masa lalu, hampir semua rumah tangga diabadikan Dewa Tanah, dengan berbagai ukuran kuil didedikasikan pada dewa yang tersebar di daerah perkotaan dan pedesaan, menarik sejumlah besar peziarah.

Penyembahan Dewa Tanah berasal dari pemujaan tanah di zaman kuno terpencil. Dalam masyarakat pertanian kuno, tanah diselenggarakan di harga tinggi, karena menghasilkan pertanian, makanan dan pakaian. Pada saat itu, bumi menumpuk dan dihormati sebagai dewa, kepada siapa persembahan yang diberikan dan penghormatan telah dibayar. Karakter "tu" Cina (bumi, tanah) berbentuk seperti tumpukan tanah di lapangan.

Tanah awal dewa di Cina disebut "dia" dan upacara korban untuk menghormati dewa disebut "dia ji". Istilah-istilah ini dicatat dalam Classic Puisi. Dewa tanah awal hanya tumpukan bumi simbolis. Seiring dengan perkembangan kehidupan sosial, warna alam menyembah secara bertahap memudar dan banyak fungsi sosial diberikan kepada Dewa dari Tanah, yang menjadi lebih dan lebih dipersonifikasikan. Dewa lahan dipersonifikasikan awal adalah Jiang Ziwen dari Dinasti Han, yang disembah sebagai Dewa Tanah Gunung Zhongshan pada Periode Tiga Kerajaan.

Ada gambar kasar terpadu Dewa Tanah diabadikan oleh rakyat. Ini adalah orang tua yang tampak jinak dengan rambut abu-abu dan berjenggot putih, mengenakan jubah panjang dan topi hitam. Dalam budaya rakyat, pasangan yang disebut "Tanah Nenek" atau "Tanah Nenek" telah diciptakan untuk menemani Dewa Tanah.

Candi Dewa Tanah

Candi Dewa Tanah adalah tempat di mana Dewa Tanah diabadikan dan disembah. Beberapa candi yang dibangun dengan empat lempengan batu dan beberapa tidak memiliki gambar di dalam Dewa selain papan kayu bantalan judul dewa tanah tertentu. Dewan ini sekitar satu chi panjang dan dua cun lebar. Di beberapa daerah, di mana tidak ada cukup dana untuk membangun kuil, orang tempat sebuah guci tanah terbalik di tanah dan menggali lubang pada tabung, menempatkan tablet peringatan dari Dewa di dalam Tanah. Candi yang paling mewah dari Dewa Tanah adalah satu di luar Gerbang Xuanwu di Beijing. Dibangun pada Dinasti Yuan, itu sebuah kuil triple-hall dengan mengesankan kemegahan.

Ulang Tahun Dewa Tanah

Menurut legenda, hari ulang tahun Dewa Tanah adalah hari kedua dari bulan lunar kedua. Di masa lalu, ritual menyembah diadakan pada hari di seluruh negeri dan kegiatan rakyat ada yang juga diselenggarakan.

Dewa Tanah Disembah diberbagai wilayah

Kebiasaan "xiang tian jie", yang berarti "Tanah untuk melunasi berkat Dewa", sangat populer di semua bagian Suzhou. Di lokasi dan sekitar Yizheng di Jiangsu, orang-orang tradisional membuat citra Dewa Tanah dengan kertas dan mendirikan tahap sementara di kota untuk memasang pertunjukkan di memuji Dewa Tanah. Di Guangzhou, "Festival Dewa Tanah" diadakan. Selama pameran, setiap rumah tangga memuja dewa dengan membakar dupa ligan sampai fajar. Dalam Jiaxing Zhejiang, kebiasaan "membayar penghormatan ke Dewa Tanah" yang diamati pada hari Vernal Equinox setiap tahun. [Yinnihuaren / Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA