BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 30 Januari 2011

SENI GUNTING KERTAS

Guntingan kertas merupakan salah satu seni tradisional yang paling popular di China. Hingga sekarang, sudah tiada orang mengetahui sejarah asal usulnya. Ada orang berpendapat bahawa guntingan kertas pada mula-mulanya digunakan untuk upacara keagamaan dan pemujaan pada zaman purba. Orang zaman dahulu biasanya menggunting kertas untuk dijadikan bentuk haiwan dan manusia. Guntingan kertas itu kemudiannya akan dikebumikan bersama-sama mayat atau dibakar semasa upacara pengebumian sebagai pendamping orang mati.

Tetapi pada 1,000 tahun yang lalu, guntingan kertas lebih banyak digunakan dalam bidang penghiasan. Menurut catatan sejarah, wanita pada zaman Dinasti Tang yaitu pada abad ke-7 hingga ke-8 Masehi pernah menggunakan guntingan kertas sebagai hiasan kepala.

Orang pada zaman itu juga mempunyai kebiasaan membuat rama-rama daripada guntingan kertas untuk menyambut kedatangan musim bunga. Pada zaman Dinasti Song yaitu pada abad ke-12 Masehi, guntingan kertas telah digunakan sebagai hiasan buah tangan dan rumah. Tukang yang membuat guntingan kertas telah muncul pada masa itu.

Guntingan kertas dibuat dengan tangan. Bagi tukang guntingan kertas, mereka memerlukan gunting dan pisau ukir dalam berbagai ukuran untuk menghasilkan reka bentuk yang rumit. Kertasnya boleh sehelai saja, juga boleh beberapa helai. Semasa menggunting kertas, tukang harus memfokuskan perhatiannya, tidak boleh tersalah sedikit.

Terdapat berbagai jenis bentuk guntingan kertas, ada yang berbentuk hewan, watak dalam cerita rakyat, citra dalam karya sastera klasik, topeng muka Opera Peking dan lain-lain. Guntingan kertas buatan berbagai tempat di China adalah berbeda antara satu sama lain.

Disalin oleh: Mei-Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA