BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 17 Januari 2011

ZHU YUAN ZHANG - KAISAR YANG BERASAL DARI RAKYAT JELATA PADA ZAMAN SILAM CINA

Selama beberapa tahun. Petualangan dan penderitaan bukan saja telah memperluas pandangan beliau, tetapi juga telah mengakibatkan adanya sifat yang tabah dalam diri beliau.

Pada waktu itu, pemerintah Etnis Mongol pemerintah Dinasti Yuan telah menerapkan kebijakan yang mencantumkan Etnis Han yang merupakan jumlah mayoritas pendudukan Cina dan etnis lain sebagai penduduk kelas bawahan. Ini menyebabkan rakyat tidak puas terhadap pemerintah dan pemberontakan petani selalu terjadi di Cina. Saat berusia 24 tahun Zhu Yuanzhang telah bergabung salah sebuah pasukan pemberontak petani.

Karena Zhu Yuanzhang sangat gagah berani dalam peperangan dan juga sangat berbakat, ia bertahap menjadi terkenal dalam tentara pemberontak petani dan statusnya dalam tentara pemberontak petani itu juga meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan pengaruhnya yang semakin besar dan kekuatannya yang semakin terserlah, Zhu Yuanzhang mendirikan tentara pemberontaknya sendiri dan beliau diangkat sebagai panglima militer itu.

Karena Zhu Yuanzhang gemar bersahabat terhadap orang lain, maka semakin banyak orang yang berbakat telah menjadi sahabat handai beliau dan anggota regu tentaranya. Saat Zhu Yuanzhang berusia 39 tahun, kekuatannya telah menguasai lebih separuh China. Pada tahun 1368 Masehi, Zhu Yuanzhang telah menyatakan pembentukan pemerintah Dinasti Ming di Jinling yaitu Kota Nanjing pada masa sekarang dan diangkat sebagai kaisar Dinasti Ming. Setelah itu, Zhu Yuanzhang telah mempercepat langkah untuk menyatukan China. Pada tahun itu, tentara pimpinannya telah menawan Dadu, ibukota Dinasti Yuan yaitu Kota Beijing pada masa sekarang. Ini berarti penguasaan pemerintah Dinasti Yuan sudah berakhir.

Kaisar Zhu Yuanzhang yang berasal dari masyarakat telah melaksanakan reformasi sistem politik negara. Beliau telah menghapus jabatan perdana menteri yang telah dilaksanakan selama ratusan tahun di Cina dan memusatkan semua kekuasaan pada dirinya sendiri. Tindakan ini tak diragukan akan untuk meningkatkan keefisienan pemerintahan negara pada tahap awal pemerintah baru dibentuk.

Zhu Yuanzhang berasal dari kelas bawahan masyarakat, beliau mengetahui kepahitan kehidupan dan kesengsaraan yang dialami oleh rakyat jelata. Karena itulah, setelah memerintah, beliau hidup secara sederhana. Beliau menganjurkan penghematan. Beliau sendiri tidak hanya berhemat, tetapi juga bertitah agar semua orang baik pejabat atau masyarakat harus berhemat juga. Berdasarkan catatan sejarah, ada seorang pejabat lokal yang ingin mengampu Kaisar Zhu Yuanzhang sudah menyembahkan satu ranjang yang dibuat dengan ukiran emas ke beliau.

Kaisar Zhu Yuanzhang sangat murka dan menitahkan pejabat lokal itu divonis hukuman serta telah merusak katil tersebut. Pada suatu hari, beliau melihat seorang pengawas berjalan dalam hujan dengan memakai sepasang but yang baru, beliau telah memarahi pengawas itu. Seorang pejabat senior juga telah memakai sehelai pakaian baru yang sangat mahal harganya. Setelah Kaisar Zhu Yuanzhang mengetahui bahwa harga pakaian itu adalah sama dengan jumlah biaya kehidupan seseorang petani untuk setahun, beliau turut menjatuhkan hukuman terhadap pejabat senior itu.

Kaisar Zhu Yuanzhang telah menerapkan kebijakan ekonomi pertanian yang sesuai dengan produksi pertanian dan kehidupan petani. Dengan demikian, negara Cina dikembangkan dalam suasana yang aman dan stabil. [Yinnihuaren / Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA