BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 07 Mei 2013

LEGENDA UTUSAN YANG CERDAS

Dalam sejarah Tiongkok, seorang putri menikahi raja negara bagian lain untuk mengamankan loyalitas adalah umum. Sebuah contoh yang baik dari ini adalah ketika Putri Wencheng dari Dinasti Tang menikah dengan Raja Tibet Songtsan Gampo.

Menurut legenda, utusan dari lima negara yang berbeda membawa hadiah berharga ke Chang-An untuk melamar Putri Wencheng bagi pangeran di negaranya. Kaisar Tang Taizong sangat sulit memutuskan dengan siapa sang putri harus menikah. Jadi pertama dia memutuskan untuk menguji kecerdasan para utusan. Ia memberikan beberapa ujian sulit. Tes pertama adalah untuk menarik benang sutra melalui mutiara.

Tang Taizong meminta utusan ke istana dan membawa keluar sepotong batu giok dan beberapa benang sutra. Dia menambahkan bahwa Putri Wencheng akan menikah dengan raja yang utusannya bisa menang semua ujian.

Ternyata lubang di batu giok memiliki jalan berliku, membuat semua utusan gagal untuk menarik benang sutra dari ujung lainnya. Taizong meminta utusan untuk menarik benang melalui salah satu ujung lubang yang lain.

Utusan Songtsan yang bernama Gar menggunakan seekor semut dan mengikatkan rambut dari ekor kuda di sekitar pinggang semut. Dia menaruh semut ke dalam batu giok dari satu ujung dan menempatkan madu di ujung lain. Sementara itu, ia meniupkan udara ke batu giok tersebut. Segera, semut keluar dari ujung lainnya. Dia kemudian mengikat benang sutra ke rambut ekor kuda. Dia menarik rambut perlahan dan benang keluar dari ujung lainnya. Taizong sangat senang melihat dia bertindak begitu cerdas.

Tes kedua: Memasangkan 100 kuda dengan anak kuda mereka yang baru lahir, yang semuanya terlihat mirip karena berasal dari ras yang sama. Sementara utusan kerajaan lainnya gagal, Gar memisahkan kuda dan anak kuda selama satu hari dan anak kuda puasa dari semua makanan dan air. Keesokan harinya, ia membiarkan anak kuda keluar lagi. Para anak kuda yang lapar dan panik, dan mereka dengan cepat berlari ke induknya masing-masing.

Tes berikutnya adalah memilih Putri Wencheng di antara 2.500 wanita muda dan cantik. Gar mengambil beberapa lebah madu yang ia telah bawa bersama. Dia bertanya sebelumnya dan tahu bahwa Putri Wencheng suka memakai parfum wangi bunga. Jadi lebah terbang langsung ke kepala Putri Wencheng di antara 2500 wanita muda yang cantik.

Tes terakhir adalah bagaimana masuk dan keluar dari istana tanpa tersesat. Suatu malam, drum keras dan menggelegar di istana, dan Taizong mengirim pesan untuk mengumpulkan semua utusan. Gar tahu bahwa dia tidak akrab dengan jalan-jalan di Chang-An, sehingga ia menandai beberapa poin penting agar ia tidak tersesat. Setelah semua utusan tiba di istana, Taizong mengatakan kepada mereka untuk pergi kembali. Pada akhirnya, utusan Songtsan satu-satunya yang berhasil. Gar menggunakan kebijaksanaannya, memenangkan setiap ujian.

Tang Taizong berpikir: "Jika utusan sangat cerdas, maka raja pasti sangat cerdas."

Dengan demikian, ia mengizinkan Putri Wencheng untuk menikah dengan Songtsan Gampo seperti yang dijanjikan. [Lina Ng / Ternate]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA