BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 05 Agustus 2012

JANGAN TERLALU PERHITUNGAN DALAM HIDUP INI

Sesuatu di dalam kehidupan ini tidak perlu terlalu diperhitungkan, tidak perlu sengaja diperhitungkan, cukup untuk Anda hayati. Tidak perlu bergembira secara berlebihan karena telah mendapatkan, dan sebaliknya juga tidak perlu bersedih karena telah kehilangan.

Semuanya berimbang, masing-masing mempunyai makna tersendiri untuk kita petik dan kita hayati.
 
Apalah yang mau dibanggakan dan disedihkan. Walaupun kita telah memiliki seluruh dunia, kita juga hanya bisa makan tiga kali sehari, tidur di sebuah kasur. Walaupun Anda memiliki 100 ranjang, yang bisa Anda tiduri hanyalah satu ranjang.

Walaupun Anda memiliki 1000 pasang sepatu, yang bisa Anda gunakan hanya satu pasang. Walaupun Anda bisa memesan 100 macam jenis makanan, tetapi berapa banyak yang bisa Anda makan? Paling-paling hanya bisa mengisi penuh satu lambung saja, bukankah begitu?

Ada orang yang mendapatkan lebih awal, ada orang yang mendapatkan belakangan, ada pula orang yang sama sekali tidak mendapatkan. Yang mendapatkan lebih awal mungkin akan kehilangan lebih awal pula, yang mendapatkan belakangan akan kehilangan belakangan, yang tidak mendapatkan tidak akan kehilangan. Jumlahnya adalah sama. 

Mendapatkan atau memberikan dalam kehidupan seseorang tidak dapat diputuskan hanya dari sisi permukaannya saja. Ada kalanya kita sepertinya adalah pihak yang mendapatkan sesuatu, namun di lain pihak, di suatu dimensi yang tak terlihat, kita justru telah kehilangan sesuatu yang amat berharga hanya karena berusaha memperoleh sesuatu yang amat sepele dan tidak berarti.

Jika Anda mendapatkan berapa banyak kegembiraan, maka ketika Anda kehilangan juga akan mendapatkan berapa banyak kesedihan pula. Kematian akan membuat setiap hal berubah menjadi adil, di dalam kematian, tidak ada perbedaan antara orang kaya dan miskin, tidak bisa dikatakan bahwa orang kaya matinya lebih enak, dan orang miskin matinya lebih sengsara. Kematian bisa menampakkan keseluruhannya, dia selalu berupa angka penuh yaitu sepuluh.

Ada orang yang mendapatkan sepuluh angka penuh, saat dia meninggal, dia harus kehilangan sepuluh angka juga, hal tersebut akan 'sangat menyengsarakan', hal ini mutlak sangat adil. Ada orang yang mendapatkan tiga bagian, ada orang yang mendapatkan tujuh bagian. Yang mendapatkan angka tiga, hanya dengan tiga bagian kebahagiaan, dia sudah bisa mendapatkan tujuh bagian kegembiraan. Yang mendapatkan angka tujuh, dia memiliki tujuh bagian kebahagiaan, tapi hanya mendapatkan tiga bagian kegembiraan. 

Manusia datang ke dunia sebenarnya hanya untuk belajar melalui pengalaman sendiri. Kekayaan dan kedudukan dari setiap orang ada perbedaan tinggi dan rendahnya, tapi pengalaman tentang kegembiraan dan kebahagiaan tidak ada perbedaan tinggi dan rendah. 

Hanya saja kegembiraan dari orang kaya lebih rumit, sedangkan kegembiraan dari orang miskin lebih sederhana, hanya inilah perbedaannya. Orang yang bersamaan memiliki beberapa pria atau wanita, tidak akan lebih bahagia dari orang sederhana yang sendiri.

Di saat Anda gembira, kesedihan pun sedang mengintai di samping. Dan di saat Anda bersedih, kegembiraan pun akan datang bersama dengannya. Hingga akhirnya, Anda bisa menemukan, setiap jenis sudah dipadukan dengan baik, setiap macam kesengsaraan dan kegembiraan, setiap macam yang Anda dapatkan dan yang kehilangan, yang baik dan yang buruk, hingga akhirnya, Anda hitung dengan teliti, setelah dikurangi dan ditambahkan, jumlah angkanya akan sama.

Segala urusan yang berada di dalam dunia ini, selalu mengikuti suatu prinsip alam semesta, yakni "untuk mendapatkan Anda harus kehilangan". Cinta bisa memberi Anda kebahagiaan, tapi bersamaan itu cinta juga memberi kesengsaraan kepada Anda. Kekayaan bisa memberi Anda kenikmatan, tapi juga membawakan kerisauan. Keberhasilan membuat Anda senang, tetapi setelah mengalami kegagalan akan berubah menjadi suatu penderitaan yang begitu kuat hingga tak tertahankan.
 
Jika Anda mendambakan sesuatu benda, dan telah mendapatkannya, hal itu merupakan semacam kegembiraan. Namun sebaliknya, ketika Anda kehilangan juga bisa merasakan penderitaan yang setimpal. 

Ada orang yang mendapatkan kekayaan, tetapi dia mungkin kehilangan kesehatan, rumah tangga atau cinta kasih. Dan ada pula orang yang dalam karier dia kurang berhasil, tetapi dalam kualitas hidup, kesehatan tubuh atau kebebasan waktu mendapatkan keleluasaan yang lebih banyak. Ada banyak hal yang kelihatannya tidak adil, tapi jika Anda pikir dengan lebih teliti dan seksama, maka sebenarnya semua itu adil.

Ada orang yang beranggapan orang kaya lebih bahagia, persepsi ini salah. Kebahagiaan bisa didapatkan oleh orang miskin dengan menggunakan uang beberapa ratus rupiah saja. Apabila mesti menunggu dia hingga berduit, mungkin harus menggunakan uang beberapa puluh ribu bahkan beberapa ratus ribu rupiah baru bisa mendapatkan kebahagiaan yang setara. 

Ketika cita rasa Anda makin berat, benda-benda itu semakin kurang dalam mulut perasa Anda. Ketika uang Anda makin banyak, nilai dari uang itu semakin kecil. Ketika perut Anda sangat lapar sekali, memberi Anda sebuah mantou (roti kukus tanpa isi) pasti Anda merasakan sangat nikmat, tapi ketika Anda sudah menghabiskan lima mantou, Anda pasti bisa merasakan makanan itu tidak ada rasanya.

Orang yang memiliki uang terlalu banyak takut dicuri dan takut dirampok. Rumah (tempat tinggal) yang terlalu besar, takut tidak sang-gup untuk membersihkan. Makan terlalu banyak takut gemuk, makan terlalu enak takut mati. Anda boleh mengamati, orang kaya sekarang mengonsumsi apa saja. Mulai makan sayuran, buah-buahan, ketela, akar-akaran, kacang-kacangan, minum alang-alang dan sari gandum, akan tetapi jika kita telusuri lebih lanjut sebenarnya makanan dan minuman ini dulu adalah makanan orang-orang miskin atau makanan yang diberikan pada hewan.

Hal ini membuat saya teringat akan sebuah cerita. Ada seekor rubah, melihat di dalam pagar tumbuh sebatang pohon anggur, dahan-dahannya ditumbuhi buah-buah anggur yang sangat menggiurkan, melihat ini rubah itu mengeluarkan air liur, lalu dia mencari jalan untuk masuk ke dalam. 

Akhirnya, dia menemukan satu lubang kecil, karena lubang itu terlalu kecil, badannya tidak cukup untuk masuk ke dalamnya. Maka, di luar pagar itu dia (si rubah) berpuasa selama 6 hari. Setelah badannya jadi kurus karena lapar, akhirnya dia pun bisa menerobos lubang itu untuk masuk ke dalam, dengan bahagia dia menikmati anggur-anggur itu. 

Tetapi kemudian, dia menemukan sesudah makan anggur sampai kenyang badannya bertambah besar, sehingga tidak memungkinkan dia menerobos lubang untuk ke luar pagar. Oleh karena itu dia lalu berpuasa lagi selama 6 hari, badannya dikuruskan lagi baru bisa keluar dari pagar. Karena itulah saya katakan, jumlahnya adalah sama, bukankah begitu?

Tikus adalah hewan yang tinggal di selokan. Seekor tikus yang tinggal di pinggir sungai yang minum air sungai setiap hari, dan seekor tikus yang minum air dari dalam selokan, tidak ada perbedaan. Kenyataannya, dalam perut seekor tikus bisa menampung berapa banyak air? Minum air terlalu banyak, selain akan terlalu kenyang, masih ada manfaat apa? [Linda Lim / Denpasar]

***
HEMAT IMPORT KARGO !!!
Kami melayani import borongan FCL & LCL dari Guangzhou, China ketujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi. Kontak "transwaycargo.com" Telp: 021-2626 4750 Fax: 021-2626 4860 Hp: 0812-9855 8800, 0856-755 0123, 0819-0880 2000 Email: pttci@yahoo.co.id
.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA