BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 20 Januari 2011

DEWI GUNUNG WU, CHINA

Wu Mountain, gerbang timur Kota Chongqing Cina, adalah satu-satunya jalan untuk mengunjungi Tiga Ngarai Sungai Yangtze. Ada sebuah cerita indah di gunung ini.

Salah satu putri Kaisar Yan, bernama Yaoji, adalah seorang gadis cantik dan penuh gairah yang meninggal sebelum menikah. Untuk menunjukkan kasihan kepadanya, Kaisar Besar Surga diberikan pada jiwanya Dewi Awan dan Hujan. Pada pagi hari, ia adalah sepotong awan yang indah, melayang di antara bukit-bukit dan ngarai, sedangkan pada waktu senja, ia menjadi mantra gerimis, menuangkan kesedihan dan keluhan terhadap gunung yang tinggi dan air mengalir.

Selama Periode Negara Perang, Raja Huai dari Chu pernah berkunjung ke sini, memimpikan Yao Ji mempercayakan sayang kepadanya. Setelah ia terbangun, ia memerintahkan untuk membangun sebuah kuil di sini, menyebutnya 'Morning Cloud Temple'. Bertahun-tahun kemudian, seorang penyair bernama Song Yu juga tur di sekitar gunung ini dan bermimpi, mimpi yang sama dengan Raja Huai dari Chu. Ia terdiri dua rhapsodies setelah dia bangun, yaitu, Rhapsodies dari Gaotang Peak dan Rhapsody pada Dewi.

Dikatakan bahwa keberhasilan pengendalian banjir oleh Yu Agung juga berutang untuk bantuan Yao ji.

Kemudian, Yao ji berangsur-angsur menjadi puncak gunung, yaitu, terkenal puncak Dewi Gunung Wu. pelayannya menemaninya kemudian menjadi puncak berbagai ketinggian, sehingga sekarang membentuk dua belas puncak Gunung Wu. Gelombang melompat dan pasang naik atau surut, Dewi Gunung Wu selalu berdiri di sana, bercerita ke perahu-perahu yang datang dan pergi.

[Yinnihuaren.blogspot.com - Mei ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA