BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 12 September 2012

WAKTU TERBAIK UNTUK BELAJAR

Seorang pemuda yang belajar sesuatu seperti matahari di pagi hari, seorang pria setengah baya yang belajar sesuatu, seperti matahari di siang hari dan seorang pria tua yang belajar adalah seperti cahaya lilin.

Belajar mempunyai dua tujuan :

1.  Untuk menumbuhkan pikiran dan memperluas wawasan seseorang, dan

2.  Untuk memungkinkan seseorang untuk melayani masyarakat.

Sayangnya saat ini kebanyakan orang menganggap belajar sebagai sarana untuk mengamankan posisi yang menguntungkan, dan apa pun layanan yang mereka tawarkan di masyarakat cuma lip service saja.

Apakah Anda seorang yang pintar atau bodoh ? Anda tetap harus selalu belajar. Hal itu penting agar kita selalu memiliki pengetahuan yang lebih banyak lagi..

Buku dapat mengajar anak-anak tentang apa tugas mereka. Buku juga dapat mengubah perilaku moral seperti : Rendah hati, bangga, amal, para dermawan kikir, kejam lembut, malu-malu berani, perhatian dan egois, bersabar, yang berpikiran sempit menjadi toleran.

Beberapa orang bisa mengutip tentang apa yang mereka baca di buku-buku, tetapi mereka tidak pernah mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari. Beberapa orang menjadi congkak karena mereka memiliki pengetahuan sementara orang lain tidak memiliki. Mereka memandang rendah rekan-rekan mereka dan tidak menghormati kekurangan orang tua mereka. Jika pengetahuan membuat mereka berperilaku seperti itu, lebih baik tidak memiliki pengetahuan.

Waktu terbaik untuk belajar adalah ketika Anda masih muda dan pikiran Anda segar. Apa yang dipelajari dalam buaian akan berlangsung sampai makam. Saat Anda tumbuh, Anda akan terganggu oleh hal-hal lain. Konsentrasi akan menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu jangan menyia-nyiakan masa muda Anda. Saya masih ingat apa yang telah saya pelajari ketika saya berusia tujuh tahun. Tapi apa yang telah saya pelajari setelah berusia dua puluh tahun, cenderung akan membuat saya lupa walaupun hanya sebulan.

Karena keadaan, beberapa orang tidak dapat mengabdikan dirinya untuk belajar ketika mereka masih muda. Mereka harus menerima pendidikan orang dewasa. Pendidikan orang dewasa ini tentu saja satu langkah telah terlambat, karena orang dewasa tidak mungkin bisa bersaing dengan orang-orang muda. Tapi mereka tidak pernah harus menulis untuk diri mereka sendiri. 

Shi Kuang (师旷) adalah seorang musisi buta. Suatu hari Kaisar Jin Ping berkata kepadanya, "Saya ingin belajar, tapi aku terlalu tua. Aku sudah tujuh puluh. Sudah terlambat."

"Terlambat ?" Kata Shi Kuang. "Mengapa anda tidak menyalakan lilin?"

"Saya tidak bercanda, tapi serius." Jawab Kaisar.

"Saya tidak bercanda, Yang Mulia," jawab Shi Kuang. "Seorang pemuda yang mempelajari sesuatu, seperti matahari di pagi hari. Dia akan memiliki masa depan yang cerah. Sedangkan seorang pria setengah baya yang mempelajari sesuatu, seperti matahari di siang hari. Dia hanya memiliki setengah waktu yang baik satu hari di depannya. Begitu juga dengan seorang pria tua yang mempelajari sesuatu adalah seperti cahaya lilin. Ia masih lebih baik daripada seorang buta yang seperti saya, yang harus meraba-raba dalam kegelapan." [Lena Lim / Kisaran]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA