BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 13 September 2012

BERTEMANLAH DENGAN ORANG YANG BISA MEMBUAT ANDA BELAJAR DARINYA

Orang dahulu berkata, "Seorang bijak muncul sekali dalam seribu tahun. Dengan waktu yang sesingkat seperti pagi dan malam. Orang bijak muncul sekali dalam lima ratus tahun.

Tapi ruang di antara mereka adalah sangat kecil diantara dua orang yang berdiri bahu-membahu."

Dengan kata lain, sangat sulit untuk memenuhi hal yang bijak atau orang bijak dalam hidup Anda. Jika Anda bisa memenuhi salah satunya, mengapa Anda tidak bisa mengagumi dan mencoba untuk belajar darinya ?

Ketika Anda melakukan perjalanan di mana-mana dan bertemu banyak orang, maka setiap kali bertemu dengan seorang yang baik, Anda seharusnya bisa tertarik dengan kepribadiannya dan ingin belajar dari dia.

Ketika Anda masih muda, Anda mudah dibentuk. Jika Anda berada di perusahaan seorang pria kebajikan, Anda pasti akan menirunya meskipun Anda mungkin tidak sadar akan hal itu.

Bergaul dengan orang-orang yang berkarakter mulia, sama seperti pergi ke sebuah ruangan yang penuh dengan bunga anggrek yang harum. Jika Anda tinggal di sana cukup lama, maka bau harum yang menyenangkan akan melekat pada diri Anda. Sebaliknya, untuk mengekspos diri sendiri untuk perbuatan buruk adalah seperti pergi ke pasar ikan, maka Anda akan mendapatkan bau tidak enak jika Anda tetap bertahan cukup lama di sana.

Mo Zi (墨子), seorang filsuf terkenal, menggunakan metafora dari sutra untuk membuat titik ini.

"Apa yang dicelup dengan warna biru maka akan menjadi biru. Apa yang dicelup dengan warna kuning maka akan menjadi kuning. Setelah sutra dicelup beberapa kali, maka warna aslinya akan berada di luar pengakuan. Hal ini berlaku tidak hanya dengan sutra, tetapi juga dengan manusia. Seorang pria dipengaruhi oleh orang-orang yang berada di sekitarnya "

Pilih teman-teman Anda dengan hati-hati. Seperti yang dikatakan oleh Konfusius, "Jangan berteman dengan mereka yang sama dengan Anda. Bergaullah dengan mereka yang bisa membuat Anda belajar darinya. Jika seorang pria lebih baik daripada Anda dalam beberapa hal, maka jadikanlah dia sebagai teman Anda."

Beberapa orang cenderung percaya apa yang telah mereka baca di buku, tetapi mengabaikan apa yang mereka lihat dalam kehidupan nyata. Mereka berpikir bahwa pria besar hanya ada di masa lalu dan tidak percaya bahwa mereka ada di zaman sekarang. Beberapa orang juga percaya, bahwa ada orang-orang besar di negara lain tetapi tidak di negara mereka sendiri.

Semua karena mereka tidak bisa mengenali orang-orang besar yang tinggal di antara mereka karena keakraban telah membutakan mereka. Saya kira itu sebabnya Konfusius harus meninggalkan tanah kelahirannya karena ia tidak diakui disana. Dan itu juga mengapa raja Yu dalam Periode Musim Semi dan Musim Gugur kehilangan negaranya karena ia tidak menerima nasihat bijak dari teman dekatnya.

Tapi sebenarnya banyak orang-orang besar dalam setiap generasi. Mereka dapat ditemukan bahkan di antara teman-teman dan sesama siswa.

Suatu hal yang sangat memalukan jika seseorang menggunakan kata-kata seseorang, tetapi tidak memberinya kredit. Jika Anda mengatakan sesuatu atau melakukan sesuatu karena Anda mendapatkan ide dari orang lain, maka Anda harus bisa memberinya kredit. Posisinya mungkin rendah, tetapi Anda harus tetap memberinya kredit.

Jangan mencuri ide orang lain yang baik dan menggunakannya sebagai milik Anda sendiri. Mencuri uang akan dihukum secara hukum, mencuri poin baik dari orang lain maka akan dikutuk oleh Dewa.

Cobalah untuk mencari teman, seorang pria tanpa kebajikan selalu melihat dan memeriksa diri sendiri untuk memastikan bahwa dirinya tidak punya kekurangan yang sama. (见贤思齐 焉, 见 不 贤 而 内 自省 也)

Persahabatan yang bajik adalah murni seperti air, keintiman antara bawahan dapat atasan seperti anggur. (君子之交淡如水, 小人 之交 甘 若 醴)

Salah satu harus selalu jujur ​​dan setia kepada teman-teman seseorang. (与 朋友 交, 言而有信). [Susi Ng / Balikpapan / Tionghoanews.com]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA