BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 13 Agustus 2012

KESALAHAN KECIL AKAN MENJADI BESAR JIKA TIDAK DIPERBAIKI

Seseorang yang telah membuat salah dan mempunyai kekurangan, jika tidak segera diperbaiki dan dibiarkan terus maka kesalahan kecil akan menjadi besar. Kesalahan ringan bisa menjadi masalah yang serius, sampai akhirnya tidak akan tertolong lagi.

Pada suatu hari Bian Que yang dijuluki dokter ajaib, mengunjungi Raja Cai Huankung.

Setelah mengamati Raja Cai Huankung, Bian Que lalu berkata, "Saya melihat di kulit baginda ada sedikit penyakit kecil, tetapi jika tidak segera diobati akan masuk ke dalam tubuh." Tetapi Cai Huankung tidak peduli dan berkata, "Saya tidak mempunyai penyakit".

Mendengar perkatan raja, Bian Que segera meninggalkan tempat itu. Setelah Bian Que pergi, Cai Huangkung berkata kepada para menteri yang berada disana, "Seorang dokter paling suka mengobati orang yang tidak berpenyakit, untuk mencari keuntungan dari orang lain."

Setelah 10 hari berlalu Bian Que kembali mengunjungi Raja Cai Huankung, berkata, "Saya lihat penyakit baginda sudah masuk ke dalam tubuh baginda, jika tidak diobati kelihatannya penyakitnya akan semakin parah!"

Raja Cai Huankung masih tidak peduli, melihat keadaan demikian Bian Que hanya bisa meninggalkan raja. Raja tidak suka mendengar perkataannya.

Sepuluh hari berlalu lagi, Bian Que mengunjungi raja lagi, dan berkata, "Saya melihat sekarang penyakit baginda sudah masuk ke dalam usus jika tidak segera diobati akan menjadi sangat parah!" Raja Cai Huankung tetap tidak peduli.

Sepuluh hari lagi berlalu, ketika Bian Que bertemu dengan raja dari tempat jauh, Bian Que segera membalikkan badan menghindar. Raja Cai Huankung merasa heran, lalu menyuruh pengawalnya bertanya kepada Bian Que kenapa setelah melihatnya langsung lari menjauh.

Bian Que berkata, "Penyakit kulit hanya perlu diobati dengan mandi dengan ramuan yang dimasak maka akan segera sembuh, tetapi setelah masuk ke dalam tubuh harus diobati dengan akupuntur maka segera akan sembuh, setelah masuk ke dalam usus maka harus diobati dengan meminum ramuan obat baru dapat sembuh, tetapi jika sudah masuk ke dalam tulang, maka hanya bisa menunggu keputusan dari raja neraka saja, dokter sudah tidak berdaya lagi, sekarang penyakit baginda sudah masuk ke dalam tulang. Sebagai dokter saya sudah tidak berdaya mengobatinya."

Setelah 5 hari berlalu, seluruh tubuh Raja Cai Huankung sangat sakit, dia mengutus orang mencari Bian Que, tetapi Bian Que sudah kabur. Tidak berapa lama kemudian, Raja Cai Huankung meninggal. [Angie Lim / Medan]
 

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA