BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 31 Mei 2011

MAKNA TIGA TAKDIR KEHIDUPAN

Dalam Dinasti Tang (618-907) dari Cina kuno, ada seorang biarawan tingkat tinggi dengan nama Yuanze, yang memiliki teman baik bernama Li Yuanshan. Suatu hari mereka pergi berjalan-jalan, menikmati pemandangan indah, mereka berbicara sambil tertawa  Pada sore hari itu mereka melewati suatu tempat di mana seorang wanita sedang mencuci pakaian di tepi sungai. Wanita itu sedang hamil dan perutnya sangat besar. Yuanze melihatnya sambil mendesah dan menggelengkan kepalanya.
Li Yuanshan bertanya, "Mengapa kamu menggelengkan kepala Anda?"
 
Yuanze menjawab, "Dia telah hamil selama tiga tahun, menungguku menjelma menjadi anaknya. Saya telah menghindari bertemu dengannya, tapi sekarang saya tidak bisa lagi menghindari nya." Li Yuanshan meragukan perkataannya, "Benarkah?" Yuanze berkata, "Kedengarannya seperti Anda tidak percaya saya, saya akan mencapai nirwana malam ini. Setelah tiga hari, datang ke rumah wanita ini, karena dia harus melahirkan seorang anak laki-laki yang gemuk. Jika bayi ini tersenyum pada Anda, maka yang dialah yang menjadi diriku tersenyum padamu. "Yuanze juga mengatakan pada Li Yuanshan, "Kamu adalah teman baik dan saya tetap ingin berteman dengan Anda dalam kehidupan berikutnya. Mari kita membuat rencana, bahwa setelah 13 tahun kemudian, di Festival Mid-Fall, saya akan menunggu Anda di Tiantu Candi di Kota Hangzhou, di sana kita akan bertemu lagi! "
 
Li Yuanshan dengan ragu-ragu menjawab, "Okelah, saya pasti akan berada di sana sesuai dengan instruksi Anda." Yuanze mencapai nirwana malam itu dan wanita itu pun melahirkan seorang bayi anak laki-laki.
Pada hari ketiga, Li Yuangshan pun tiba di rumah wanita tersebut. Anak bayi itu tersenyum padanya, begitu dia melihatnya. Li Yuanshan harus percaya bahwa apa yang dikatakan Yuanze memang benar.
Pada Festival Mid-Fall ketiga belas (hari bulan penuh pada tanggal 15 Agustus), Li Yuanshan pergi ke Tiantu Candi di Kota Hangzhou untuk memenuhi janjinya pada Yuanze seperti yang telah dijanjikan mereka. Setelah mencapai gerbang, ia melihat seorang anak duduk di belakang kerbau, bernyanyi :
"Saya seorang roh tua yang duduk di atas batu tiga kehidupan, tetapi saya tidak di sini untuk mengagumi Bulan atau puisi ini. Saya malu kepada teman lama saya yang mengunjungi saya dari jauh, saya masih sama tua, kecuali tubuh saya telah berubah. "

Bunyi, "Ditakdirkan lebih dari tiga nyawa," berasal dari cerita ini. Budaya Cina yang memiliki landasan sejarah yang kaya, telah diturunkan oleh dewa. Kata-kata yang sering kita gunakan mungkin memiliki arti yang mendalam. Karena orang-orang sekarang telah secara bertahap menyimpang dari prinsip-prinsip alam semesta, maka kebajikan moral mereka telah merosot lebih jauh, sekarang mereka hanya memiliki pemahaman yang dangkal dari ucapan-ucapan lama. Sebenarnya "tiga kehidupan" yang disebutkan di sini merujuk pada kehidupan sebelumnya seseorang, kehidupan ini dan kehidupan berikutnya. Yang mengacu pada orang-orang yang memiliki hubungan yang telah ditakdirkan khusus. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Mina Lim, Balikpapan

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA