BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 05 Maret 2013

LEGENDA YEE SANG

Makanan Yee Sang ( 鱼生) berasal dari Tiongkokpada awal tahun 220, selama era 6-negara. Pada dasarnya sebuah salad terdiri dari lebih 20 bahan, hal ini sering disajikan sebagai makan pembuka atau penutup. Selain ikan mentah, bahan lain yang penting adalah lobak parut yang dianggap efektif sebagai 'zat pembersih' untuk membersihkan beberapa sisa-sisa minyak dari masakanTiongkok.

Awalnya, itu disajikan hanya pada hari ketujuh Tahun Baru Tiongkok, yang merupakan hari keluarga (人日). Sekarang disajikan di awal minggu, dan digunakan jugapada pejabatpemerintah.

Menurut legenda Tiongkok, dewi Nu Wa menghabiskan enam hari menciptakan binatang dari tanah, sementara pada hari ketujuh dia menciptakan umat manusia.

Ren Ri, Hari Penciptaan Manusia, dirayakan pada hari ketujuh Tahun Baru Tiongkok. Untuk merayakan hari ini, Orang Tionghoa menikmati sebuah hidangan khusus yang terdiri dari tujuh hidangan simbolis yang kita kenal sebagai Yee Sang.

Ketika Yee Sang dimakan, ritual ini adalah tosmenggabungkan bahan-bahan di udara dengan teriakan "Hey Loh" yang secara harfiah berarti 'bergerak ke atas'. Ini adalah simbol dari keinginan nasib kita meningkatdan berkembang selama tahun yang akan datang.

Yee Sang, Sebuah Simbol Kemakmuran
 
Dalam perayaan kalender lunar Tiongkok festival yang paling penting, Tahun Baru Imlek, banyak ragam hidanganyang lezat. Yee Sang adalah salah satu hidangan tradisional tersebut. Ini adalah simbol yang baik, kemakmuran, kesehatan, keberuntungan, dan semua hal menguntungkan.

Yee Sang terdiri irisan tipis sayuran acar dan bahan-bahan lain yang dicampur bersama-sama secara menyeluruh ketika hidangan dimakan. Rasa hidangan lebih nikmat dengan saus khusus yang memberikanrasa yang khas.

Kebiasaan populer adalah mengelilingi meja makan untuk tos mengangkat makanandi udara dengan teriakan gembira"Loh Hey" (melemparkan tinggi). Arti penting dari tosa dalah berharap keberuntungan berlimpah dan kebahagiaan untuk semua. MenikmatiYee Sang selama Tahun Baru Imlek adalah kebiasaan kuno dibalut dalam tradisi dan budaya kuno.

Hal yang baik tentang Yee Sang adalah hal itu mudah untuk mempersiapkan. Bahan, meskipun banyak, sampai 30jenis, namun dapat disubstitusikan, opsional dan bervariasidalam jumlah. Tingkatkan fantasiAnda selama Anda tidak terlalu terbawa oleh kreativitas Anda!

Hidangan ini menjadi 'Cinta pandangan pertama' untuk pemula dan 'cinta sampai mati' bagi mereka yang telah mencoba. Popularitasnya naik mungkin karena 2 alasan utama:

• Frase ini 鱼生 (Yee Sang) makna homophon banyak (uang), kemakmuran, keberuntungan dan kekuatan.

• Melayani diri sendiri adalah menyenangkan, seperti semua orang adalah koki juga. Anggota keluarga dan teman-teman berkumpul di meja masing-masing memegang sepasang sumpit. Dalam suasana hati mereka yang paling menggembirakan, mereka mengangkat makanan dengan sumpit dipegang setinggi mungkin bersama-sama, sambil berteriak keras semua keinginan mereka untuk menandai awal Tahun Baru Tiongkok makmur. Hal ini diyakini bahwa semakin tinggi semakin baik. [Christine Wu / Jakarta]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA