BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 31 Mei 2011

TETAP MENJAGA TRADISI KERJA KERAS DAN HEMAT

Keluarga berdarah Tionghoa memiliki kekhasan dalam membangun tradisi kehidupan keluarganya. Tradisi hemat dalam mengelola keuangan amat diutamakan dalam keluarga keturunan Tionghoa. Demikian sesepuh Indonesia Tionghoa, Frans Bambang Siswanto. Menurut pengusaha ini, tradisi hidup hemat itu ditekankan setelah filosofi kerja keras ditanamkan kuat dalam diri tiap warga keturunan ini.

"Umumnya semua keluarga keturunan Tionghoa mempraktikkan tradisi kerja keras dan hidup hemat dalam mengelola hasil keringatnya," ujarnya. Menurutnya, keluarga berdarah Tionghoa, bukan hanya selalu menanamkan dua filosofi itu. Ada hal lain yang juga dikuatkan dalam membangun pribadi masing-masing anggota keluarga mereka. "Selain kerja keras dan hemat, tiap orang tidak boleh mengambil apa yang bukan haknya. Walau ada pemberian dari orang lain, jika itu bukan haknya, tidak boleh diterima. Mereka dididik untuk mengecap hasil keringatnya sendiri," ujarnya.

Namun, filosofi itu dinilainya cenderung dipahami secara mentah-mentah. Akibatnya, warga keturunan Tionghoa terkesan melulu sebagai komunitas yang sibuk mencari uang dan pelit membagi rezeki kepada orang lain.

"Kesan seperti ini kan amat terasa dalam masyarakat kita. Padahal, filosofi leluhur mengandung pesan sosial kemanusiaan juga. Saya mulai menghidupkan lagi filosofi sosial dan kemanusiaan tersebut agar warga keturunan ini jangan lagi terkesan pelit dan cari uang saja," harap Frans Bambang. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Linda Lim, Surabaya

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA