BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 05 Mei 2011

SI DA MEI REN, LEGENDA TIONGKOK KUNO

Dalam sejarah Tiongkok, Si Da Mei Ren adalah empat wanita jaman dahulu kala yang terkenal karena kecantikannya.Walaupun nama mereka ada yang tercatat dalam sejarah tertulis, namun kisah mereka banyak yang sudah bercampur dengan cerita / legenda rakyat. Menurut ceritanya, mereka adalah wanita-wanita yang paling cantik di Tiongkok pada jaman dahulu kala.

Bukan hanya cantik, tetapi juga memiliki pengaruh yang besar terhadap sejarah. Mereka menjadi terkenal terutama karena pengaruh kecantikan mereka terhadap para penguasa. Pengaruh mereka bahkan bisa menyebabkan keruntuhan dan perubahan pemerintahan. Walau pun begitu, kebanyakan kisah hidup mereka diakhiri dengan kesedihan atau pun
  1. Xi Shi , Periode Musim Semi dan Musim Gugur / Chunqiu Shidai
  2. Wang Zhaojun , Masa Dinasti Han Barat
  3. Diao Chan , Masa Dinasti Han Timur, Menjelang Periode Tiga Negara / Samkok
  4. Yang Guifei , Masa Dinasti Tang
Dalam budayaTionghoa, Si Da Mei Ren memang dikatakan memiliki kecantikan yang paling tinggi, namun tetap semuanya memiliki kekurangan. Misalnya, Xi Shi dikatakan memiliki ukuran kaki yang lebih besar dari ukuran kaki wanita pada umumnya. Yang Guifei memiliki bau badan yang tidak sedap. Di samping itu, kehidupan mereka semuanya diakhiri kesedihan maupun tragedi, bahkan menyebabkan penderitaan bagi rakyat (pengecualian bagi Wang Zhaojun yang membentuk perdamaian). Kecantikan tidak menjamin membawa kebahagiaan.

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Lim Liang Hwat, Jakarta

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA