BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 18 Februari 2011

BAGAIMANA AKUPUNTUR DAPAT BERPERAN

Akupuntur berkembang hingga sekarang, telah mengalami banyak perubahan. Pada awalnya orang kuno menggunakan jarum batu, yang kini diyakini orang sebagai jarum paling primitif.

Efektifitas jarum batu, tidak lagi diketahui banyak orang. Sesungguhnya jarum batu apabila dibandingkan dengan jarum masa kini masih lebih efektif penggunaannya. Kemudian setelah ada jarum seperti sekarang ini, bentuknya menjadi banyak, metode penusukan juga semakin banyak.

Di dalam pengobatan Sinshe terdapat ungkapan, “Sinshe yang berkemampuan rendah hanya mengobati permukaan saja, dan Sinshe yang berkemampuan tinggi mengobati jiwanya juga ”.

Sinshe yang mengobati permukaan saja hanya bisa berupaya pada permukaan penyakit, dan Sinshe yang mengobati jiwanya juga, beliau bisa benar-benar jelas akan keadaan permukaan maupun jiwa seseorang.

Lalu bagaimana akupuntur berperan? Hendaknya mengetahui prinsipnya, harus mengetahui dahulu asal-usul akupuntur. Tidak dapat dipungkiri, bahwa akupuntur diwariskan oleh dewata, maka dari itu ia memiliki mekanisme yang istimewa.  Bisa dikatakan, hal yang diwariskan oleh dewata, dengan sendirinya memiliki inteligensi dan kemampuan yang dianugerahi dewata.

Saat menggunakan akupuntur melakukan pengobatan, inteligensi dari akupuntur bisa berhubungan dengan Langit, sehingga memperoleh dukungan dari Langit. Bukan hanya akupuntur saja, ketika seorang Sinshe sedang tenang dan hening,  dengan kondisi pikiran jernih mengobati pasien, dengan sendirinya juga sudah kontak dengan Langit, bisa memperoleh dukungan dari Langit. 

Orang-orang mengetahui bentuk eksistensi dari meridian, dengan menggunakan berbagai cara teknologi modern pun tidak dapat menjelaskannya, padahal kultivator pada zaman Tiongkok kuno mampu menggambarkannya. Ini menerangkan bahwa meridian tersebut eksis di ruang dimensi lain.  Namun materi di ruang kita ini, jarum dan moksa bagaimana bisa menyentuh ruang lain?

Seorang ahli akupuntur saat menusukkan jarum ke dalam tubuh pasien, kadang kala harus meninggalkan jarumnya sesaat, dan jarum menancap di sana, bagaimana bisa menyembuhkan penyakit? Justru oleh karena akupuntur diwariskan oleh dewata memiliki inteligensi dan kemampuan yang istimewa, baru bisa menimbulkan dampak terhadap meridian yang berada di ruang lain.

Prinsip ini sama dengan dewata menggunakan tanah menciptakan manusia dan memberikan inteligensi kepada manusia. Disebutkan di dalam buku Zhuan Falun, “Bukan hanya manusia, binatang dan juga tumbuh-tumbuhan semuanya memiliki jiwa, segala materi di dalam ruang lain bisa dideteksi keberadaan jiwanya. Ketika mata ketiga (instuisi) anda terbuka hingga tingkat Mata Hukum, anda akan menemukan bahwa batu, dinding dan segala benda apapun bisa menyapa dan mengajak anda bicara.”

Langit mewariskan sesuatu kepada manusia, juga telah meninggalkan ruang untuk dilakukan penelitian dan perkembangan oleh manusia. Oleh karena itu semenjak ada Huang Di Nei Jing (kitab kuno karangan Huang Di - kaisar Kuning Tiongkok, legendaris 5000 tahun yang lalu), maka terdapatlah banyak metode tentang penusukan dan pengobatan moksa. Kemudian, jenis jarum semakin lama semakin banyak, para pengguna Akupuntur juga semakin tidak memahami bagaimana akupuntur berperan.

Akan tetapi bagaimanapun juga, oleh karena Akupuntur adalah warisan dewata, maka tak peduli siapapun yang menggunakannya, asalkan ia masih memiliki moralitas dan memegang teguh kode etik pengobatan, akan menimbulkan efek penyembuhan yang baik, ini karena ada bantuan dari Langit. (*v*) Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA