BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 15 September 2012

JIKA KITA BENAR, JANGAN PERDULIKAN PANDANGAN ORANG

Kita jangan terus memikirkan ucapan orang, tetapi jangan pula kita berbuat salah. Jika kita berbuat sesuatu yang benar, jangan terlalu memikirkan perkataan orang. Biarkan orang mau berbicara apa, karena terkadang kita benar pun tetap salah dipandangan orang lain.

Seseorang yang baik hati tolak ukur didalam hatinya adalah kebaikan, setiap benda dan hal didunia ini dalam matanya adalah bagaikan syair yang indah, pemandangan yang indah, musim semi yang sejahtera.

Sedangkan orang jahat tolak ukur didalam hatinya adalah kejahatan, betapa indah pun pemandangan dihadapan matanya tetapi yang terlihat olehnya adalah kejelekan dan ketidakpuasan. Apa yang dilakukan salah atau benar,  masing-masing orang mempunyai kesimpulan masing-masing.

Sesuatu hal jika dilihat dari pandangan seorang kultivator akan menjadi berbeda, karena bagi kultivator adalah berkultivasi pada kebaikan,  sehingga hati harus senantiasa penuh kasih, niat pikiran harus selalu mengandung kebaikan, jika hati sudah berubah baik, visi memandang dunia juga akan berbeda.

Di zaman dahulu ada 2 orang bapak dan anak yang sedang menunggang seekor keledai melewati sebuah jalan. Orang ramai yang dijalan, menunjuk kedua orang tersebut dan mencelanya, "Bapak dan anak ini hatinya sungguh kejam, mereka tak peduli keledai itu dalam keadaan kecapaian dan susah bernafas."

Setelah mendengar celaan orang itu, akhirnya bapaknya turun dari keledai. Hanya anaknya yang menunggang keledai dan bapaknya sambil berjalan menarik keledainya. Orang yang di jalan mencela lagi, "Lihat anak ini sungguh tidak berbakti, membiarkan bapaknya menarik keledai, sementara dia sendiri dengan santai duduk diatas keledai."

Akhirnya anaknya turun dari atas pelana keledai dan membiarkan bapaknya naik. Tetapi ada lagi orang dijalanan yang mencela lagi, "Lihat bapak ini sungguh kejam, membiarkan anak kecil ini menarik keledainya."

Akhirnya bapaknya juga turun dari keledai, kemudian mereka berdua menarik keledai ini sambil berjalan. Di dalam hati mereka berpikir, "Sekarang tidak ada orang yang akan mencela lagi!

Tetapi setelah mereka berjalan, tak lama kemudian ada lagi orang yang mencela, "Lihat kedua bapak dan anak ini sungguh bodoh, menarik keledai ini tanpa menunganginya, sungguh tolol! "

Seperti cerita diatas, jika seorang kultivator yang mengamati kedua bapak dan anak sedang menunggang keledai dia akan dengan bijaksana berkata, "Keledai ini sungguh berbakti kepada majikannya, walaupun menanggung beban berat masih dapat berjalan!" Ketika melihat anak menunggang keledai, ayahnya menarik keledai maka dia akan berkata, "Sungguh seorang bapak yang penuh kasih sayang! Lebih baik dirinya sendiri capek berjalan daripada keledai menanggung beban yang terlalu berat." 

Ketika bapak menunggang keledai, anak menariknya akan berkata, "Anak ini sungguh patuh! Masih kecil sudah tahu berbakti kepada orang tua, lebih baik diri sendiri menderita daripada orang lain menderita." Ketika bapak dan anak menarik keledainya, maka akan berkata, "Bapak dan anak ini sungguh dua orang yang baik hati! Takut keledai kecapekan, sehingga mereka berdua berjalan kaki."

Kejadian yang sama tetapi menimbulkan kesimpulan yang berbeda, karena orang dijalanan tidak mempunyai niat pikiran yang baik, memandang sesuatu hal atau seseorang dari sisi yang buruk, sehingga tidak menyadari sisi baik orang lain. Sedangkan seorang kultivator dihatinya selalu mengandung belas kasih, selalu hanya memandang sisi baik dari seseorang, sehingga kesimpulan yang ditimbulkan juga akan berbeda. [Amanda Lim / Makassar]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA