BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 09 Februari 2011

WA MAO, HIASAN ATAP RUMAH

Hiasan di atap rumah merupakan komponen penting bangunan rumah rakyat Tiongkok. Setelah zaman Dinasti Han yaitu pada tahun 206 sebelum Masehi hingga tahun 220 Masehi, ukiran batu bata berbentuk ikan ditempatkan di atap atap rumah oleh rakyat Tiongkok.

Menurut pandangan rakyat pada zaman itu, ikan dapat meluahkan air, maka dapat mencegah kebakaran.

Karena itu, ukiran batu bata berbentuk naga dan hewan lain juga dipasang di atap atap rumah untuk doa selamat dan tolak bala seperti menghindarkan bencana dan kecelakaan.

Selain ukiran batu bata, ukiran hewan yang terbuat dari tembikar dan genting glaze juga dipasang di atap rumah.

Ukiran batu bata berbentuk kucing merupakan hiasan ukiran hewan yang ditempatkan di atap rumah penduduk di Provinsi Yunnan di barat daya Cina. [Mei-Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA