BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 01 Maret 2011

TAO YUAN JIE YI

Liu Bei yang lahir pada tahun 161 Masehi, merupakan keturunan keluarga kaisar Dinasti Han. Namun, ketika Liu Bei dilahirkan, keluarganya sudah tidak memiliki posisi dan pengaruh lagi. Jadi, ketika ia membaca pengumuman itu, sambil mengeluh panjang, beliau terdengar suara orang dari belakangnya, "Nama saya Zhang Fei. Mengapa awak mengeluh di sini? Fikirlah bagaimana bisa mencurah bakti kepada negeri kita."

Liu Bei mengeluh lagi, sambil menjawab, "Saya benar-benar ingin membuat suatu untuk negeri kita. Namun, saya rasa kemampuan saya masih agak terbatas. Itulah mengapa saya mengeluh tadi."

Zhang Fei berkata dengan penuh yakin, "Apa susahnya? Jika awak benar-benar memiliki ambisi tersebut, saya sanggup mengeluarkan semua harta saya untuk membantu awak."

Bila mendengar kata-kata Zhang Fei itu, Liu Bei merasa sangat gembira. Maka, kedua mereka itu pun pergilah ke sebuah rumah makan untuk minum sambil membahas masalah tersebut dengan lebih lanjut. Tiba-tiba, masuklah seorang pria yang tampaknya jujur dan hebat sekali. Liu Bei dan Zhang Fei pun mengundang pria itu minum bersama-sama dengan mereka. Dalam percakapan dengannya, mereka menemukan bahwa pria yang bernama Guan Yu itu, memiliki ambisi yang sama dengan mereka.

Keesokan harinya, ketiga mereka itu pun pergi ke sebuah kebun pic, lalu membakar kemenyan, dan meminta dewa langit dan dewa bumi menjadi saksi kepada hubungan persaudaraan yang terjalin antara mereka.

Menurut sejarah Tiongkok, Liu Bei, Guan Yu dan Zhang Fei sangat memandang penting hubungan persaudaraan sesama mereka itu. Guan Yu dan Zhang Fei juga telah memainkan peran yang penting dalam usaha untuk membantu Liu Bei mendirikan pemerintahan sendiri. Cerita tentang hubungan persahabatan antara ketiga mereka ini, diminati banyak di Tiongkok, dan terus tersebar hingga sekarang.

Catatan Keterangan:

Peribahasa "Tao Yuan Jie Yi" ini berasal dari kisah tentang tiga orang satria dalam sejarah Tiongkok, yaitu Liu Bei, Guan Yu dan Zhang Fei, yang menjalin hubungan persaudaraan di sebuah kebun pic. Peribahasa ini digunakan untuk menggambarkan hubungan persahabatan atau persaudaraan yang akrab, serta semangat setia kawan yang kuat.

Disalin oleh: Mei-Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA