BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 28 Februari 2011

KONGHOU

Konghou, alat musik kutipan klasik Cina yang dibuat pada zaman Dinasti Tang, sekitar dua ribu tahun yang lalu, selalu dimainkan oleh band kerajaan, dan juga sangat digemari oleh rakyat.

Bentuk alat musik ini mirip hap, yaitu sejenis alat musik dari Barat. Kelainannya adalah, Konghou memiliki dua baris tali, dan setiap baris pula memiliki 36 UTAS tali pemetik.

Tali-tali ini didirikan di atas kotak resonans, dengan urutan yang menjadi terlihat seperti angsa yang terbang di langit. Oleh itu, alat musik ini juga disebut "Konghou Yan Zhu". Dalam bahasa Mandarin, "Yan" berarti angsa, dan "zhu" berarti tiang tali.

Dengan suara yang merdu, Konghou Yan Zhu tidak hanya dapat memutar irama musik klasik etnis dan musik etnis yang modern, malah juga sesuai untuk memutar musik hap.

Disalin oleh: Chen Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA