BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 16 Januari 2011

DEWA PINTU

Pada zaman dulu, dewa pintu China dewa Taoisme dan masyarakat umum diyakini untuk menjaga pintu-pintu, serta potret dewa pintu untuk tempel di pintu. Dewa pintu secara luas populer di kalangan orang-orang Cina. Tahun Baru Cina adalah waktu untuk menempel gambar dewa pintu. Di masa lalu, orang-orang percaya bahwa menempel gambar dewa pintu di pintu bisa menjaga roh jahat pergi dan membawa kembali kedamaian dan keberuntungan. Pintu dewa bahkan termasuk dalam dewa disembah oleh Tao, yang akan melakukan ritual kurban untuk menghormati mereka.

Kepercayaan pada dewa pintu telah sekitar untuk waktu yang cukup lama. Menurut buku Dinasti Qin sebelum masehi Pegunungan dan Laut, Shen Tu, Yu Lei, Tali Alang-alang dan persik kayu adalah dewa hantu-mengemudi.

Dalam Dinasti Tang, dewa pintu lain bernama Zhong Kui, seorang penangkap hantu yang sangat baik, menjadi populer

Shen Tu dan Yu Lei

Para dewa pintu paling awal dua "tokoh persik" dipotong dari kayu persik dipercaya sebagai inkarnasi dari Shen Tu dan Yu Lei. Shen Tu dan Yu Lei adalah dewa ilahi dua menjaga pintu neraka, bertanggung jawab untuk menangkap hantu jahat merugikan orang. Begitu mereka menemukan seperti hantu, mereka akan rangka batang itu dengan tali yang terbuat dari buluh dan kemudian membuang hantu dari gunung untuk memberi makan harimau.

Keyakinan ini sudah ada untuk waktu yang cukup lama. Pada malam Tahun Baru Cina, orang akan mengirim gambar dari dua dewa dan harimau di pintu dan akan menutup beberapa cabang pohon persik, angka persik dan tali buluh untuk menjaga hantu masuk. Gambar Khas dari dua dewa adalah dua laki-laki dengan alis tebal dan rambut, dua tanduk di kepala, meninggalkan dada mereka menemukan dan memakai jenggot hitam, memegang pedang persik dan tali buluh. Persik itu lama menjadi tanaman disembah oleh orang-orang, yang percaya bahwa pohon persik memiliki kuasa untuk mengusir roh jahat dan menangkal bencana, karena dianggap sebagai simbol umur panjang untuk hasil tinggi.

Zhong Kui

Potret Zhong Kui akan dipasang pada pintu pada malam Tahun Baru Cina atau Festival Perahu Naga untuk mengusir roh jahat. gambar-Nya adalah orang sengit dengan janggut berantakan, mata terbuka lebar, hidung dan telinga bentuk lonceng seperti, memakai topi kasa hitam, sepatu hitam pengadilan dan jubah merah, memegang pedang di tangan kanan dan merebut hantu di kirinya. Dengan mata melotot, gambar Zhong Kui itu tampak megah, dengan kebenaran menakjubkan. legenda lain tentang dia, seperti "Zhong Kui menikahkan adiknya", "menangkap Zhong Kui hantu" dan "Zhong Kui pergi berburu malam" yang populer di kalangan masyarakat.

Dewa Pintu yang lain

Selain menangkap hantu dewa pintu, dewa pintu umum termasuk dewa bela diri seperti qiong Qin, Yuchi Gong, Zhao Yun, Ma Chao, Xue Rengui, Sun Bin, Pang Juan, Meng Liang dan Yue Fei dll; dewa-dewa Tao seperti Blue Dragon dan Putih Harimau; keberuntungan-berdoa dewa seperti Surgawi Resmi, Zhuangyuan, Dewa Panjang Umur, Dewa Kembar, Dewa Kekayaan dll; serta dewa pintu lainnya seperti Jenderal Heng dan Ha, Nyonya Dewa dll. [Yinnihuaren/Ing]
.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA