BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 28 Januari 2011

CHENG DU XIU, PEMIMPIN GERAKAN BUDAYA BARU CHINA

Cheng Duxiu adalah pemimpin gerakan budaya baru Cina pada awal abad ke-20, pencipta dan juga pemimpin awal Partai Komunis China (PKT). Ia dilahirkan pada tahun 1879, pernah kuliah ke Jepang dan bergabung gerakan untuk menggulingkan pemerintahan Dinasti Qing.

Pada tahun 1915, Cheng Duxiu menerbitkan majalah "Pemuda Baru" di Shanghai yang mempromosikan pikiran demokratis dan sains modern, mengkritik paham, budaya, moral dan sistem etika lama yang telah ketinggalan zaman. Majalah ini telah membawa pengaruh besar kepada pikiran remaja Cina pada waktu itu. Pada awal tahun 1916, Cheng Duxiu diangkat sebagai kepala akademi budaya Universitas Peking.

Cheng Duxiu telah memberikan dukungan sepenuhnya kepada gerakan patriotik 4 Mei tahun 1919 yang diadakan oleh kaum remaja dan pelajar dan memperkenalkan Marxism. Pada tahun 1920, dengan bantuan Komunis Internasional, Cheng Duxiu mendirikan kelompok komunis pertama di Shanghai Cina. Ia juga mendirikan kelompok komunis di Guangdong sebagai persiapan untuk pembentukan Partai Komunis China. Serentak itu, beliau juga mendraf "Manifesto Partai Komunis China".

Pada bulan Juli tahun 1921, dalam Konferensi Kongres Nasional Partai Komunis China pertama yang diadakan di Shanghai, Cheng Duxiu dipilih menjadi sekretaris PKC dan terus menjabat pemimpin tertinggi PKC sampai Kongres Nasional PKC ke-5. Ia juga pernah membantu Dr. Sun Yet-sen untuk mengatur ulang Kuomintang.

Pada tahun 1922, Partai Komunis China bekerjasama dengan Kuomintang untuk melancarkan perang terhadap pasukan raja perang yang menduduki bagian utara untuk menyatukan China. Pada 7 Agustus tahun 1927, Komite Pusat Partai Komunis China mengadakan rapat untuk memecatkan jabatannya. Pada bulan Mei tahun 1942, beliau meninggal karena penyakit.

Mendiang Presiden Mao Zedong pernah menilai Cheng Duxiu bahwa Cheng Duxiu adalah sarjana yang patut dihormati, ia mempromosikan paham demokratis dan sains modern di Cina dan memberikan kontribusi luar biasa ke pendirian Partai Komunis China. [Chen-Mei-Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA