BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 12 September 2012

SIFAT ALAMI MANUSIA

Mencius percaya ketika manusia dibiarkan untuk mengikuti kecenderungan alam, maka pada dasarnya sifat manusia adalah baik. Adalah wajar bahwa seorang anak mencintai orang tuanya, anak laki-laki menghormati saudara tuanya. Semua orang memiliki rasa belas kasihan, rasa malu, rasa hormat dan rasa apa yang benar dan salah.

Jika kita melihat seorang anak akan terjatuh ke dalam sumur, sudah tentu perasaan kita akan merasa ngeri dan sedih juga akan mencoba untuk menyelamatkan anak itu. Hal ini bukan karena kita ingin mendapatkan imbalan dari orang tua anak, atau mencari pujian dari teman-teman dan tetangga juga bukan karena takut disalahkan karena tidak menyelamatkan anak itu. Hal ini adalah karena kita sebagai manusia memiliki perasaan secara alami yang membuat kita ingin melakukannya.

Seperti ketika kita tidak tahan melihat orang lain yang menderita, maka hasilnya akan timbul perasaan kasih sayang antara manusia ketika kita bertemu dengan siapapun. Semuanya akan menjadi benar jika kita memiliki perasaan pada apapun yang kita lakukan.

Mencius mengatakan, jika seorang pria dapat mengembangkan perasaan tidak ingin merugikan orang lain, maka kasih sayang manusia itu tidak akan ada habis-habisnya. Jika seorang pria dapat menggunakan perasaan tidak ingin mencuri, maka kebenarannya tidak akan ada habis-habisnya. Jika seorang pria dapat memperluas keinginannya untuk tidak ingin dipandang rendah oleh orang lain, maka ia akan berperilaku jujur ke ​​manapun ia pergi.

"Perasaan kasih sayang adalah awal dari manusia, rasa malu adalah awal dari kebenaran, rasa hormat adalah awal dari kesopanan dan rasa dari apa yang benar dan salah adalah awal dari kebijaksanaan."

Setiap orang memiliki empat sifat-sifat intrinsik, hanya saja kita tidak sadar dan berpikir tentang mereka. Oleh karena itu jika kita mencari, kita akan menemukan mereka. Jika kita mengabaikan, kita akan kehilangan mereka.  

Mencius percaya jika kita dapat mengembangkan kualitas melalui pemikiran. Fungsi utama pikiran adalah berpikir, dan kita harus berpikir sebelum kita mendapatkan sesuatu. Seorang pria besar menempatkan bagian spiritual dari dirinya sebelum keinginan dari hasrat tubuh dan tidak akan membiarkan keduanya mengganggu apa yang akan diputuskan sebelum melakukan.
Manusia yang berperilaku seperti binatang, karena mereka telah kehilangan sifat asli mereka. Mereka harus mencoba untuk mengembalikan sifat mereka.

Jika kita membiarkan bangsawan untuk berkembang melalui spiritual diri budidaya, kita akan memiliki semua yang diperlukan untuk memerintah dunia. Jika tidak, maka kita tidak akan mampu bahkan mengurus keluarga kita sendiri. [Susan Sie / Bandar Lampung]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA