BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 09 September 2012

3 PUSAKA KEHIDUPAN

"Jing" (dibaca: cing, saripati), "Qi" (dibaca: ji, energi) dan "Shen" (jiwa) disebut oleh Ilmu Kesehatan Tradisional Tiongkok (IKTT) dan aliran Tao sebagai 3 pusaka kehidupan, mengapa dianggap sebagai 3 pusaka dalam kehidupan manusia? Jelas pasti mempunyai alasan penting.

IKTT sangat memperhatikan pemeliharaan kesehatan, tujuan dari 3 pusaka kehidupan adalah memelihara dan menjaga kehidupan; kultivasi aliran Tao adalah demi menjadi manusia sejati, 3 pusaka kehidupan merupakan sebuah tangga dalam peningkatan kultivasi menuju manusia sejati.

Tujuan 3 pusaka kehidupan: memelihara kesehatan

Kitab suci IKTT Huangdi Neijing menjelaskan, sebuah kehidupan memiliki 5 tahapan: lahir, tumbuh, dewasa, tua dan mati. Dengan kata lain, seseorang setelah dilahirkan, secara alamiah akan mengalami pertumbuhan, kuat, penuaan dan terakhir menuju kematian; ini merupakan perkembangan sebuah kehidupan sesuai hukum yang tak terelakkan. Diantaranya penuaan merupakan tahap titik balik sebuah kehidupan, sejak tahap itu fungsi tubuh mulai merosot, muncul bermacam penyakit, dan kian hari kian serius. Oleh sebab itu, jika ingin memperlambat penuaan dan dapat hidup lebih sehat dan panjang umur, maka harus memperhatikan pemeliharaan kesehatan (memelihara dan melindungi sebuah kehidupan).

Dalam kehidupan seseorang sesungguhnya memang sudah memiliki sebuah sistem perlindungan, hanya saja manusia tidak mengetahui atau tidak dapat memanfaatkannya. Jing, Qi dan Shen disebut sebagai 3 pusaka kehidupan, oleh karena 3 pusaka kehidupan itu dapat membentuk banyak lapis Barier Pelindung untuk menjaga dan melindungi kehidupan. Tujuan pemeliharaan kesehatan ialah demi melindungi 3 pusaka kehidupan - Jing (saripati), Qi (energi) dan Shen (jiwa) tersebut.

1. JING, melaksanakan pertahanan dan fungsi penyerasian tubuh

Saripati merupakan materi intisari selain sebagai unsur terpenting dalam pembentukan struktur tubuh manusia, ia juga berfungsi sebagai pelaksana berbagai fungsi sistem dalam tubuh manusia. Yang lebih penting lagi adalah Jing memiliki fungsi penting pertahanan dan penyelarasan tubuh manusia.

Demi melindungi tubuh manusia, sistem imunologi dapat mencaplok serangan virus dan bakteri dari luar. Sistem saraf dapat melalui konduksi saraf, sistem kelenjar endokrin dapat melalui efek hormon, bersama-sama menyelaraskan fungsi organ dan jaringan tubuh manusia, demi mengatasi perubahan kondisi di dalam dan luar tubuh manusia.

2. QI, Qi positif berada dalam tubuh Qi buruk tak berdaya

Qi merupakan sejenis energi, dapat membentuk medan energi di dalam dan permukaan tubuh, dapat melawan serangan energi buruk dari luar. Kondisi Qi berhubungan langsung dengan tingkat kesehatan tubuh manusia, maka dalam Huangdi Neijing dikatakan: "Qi positif eksis di dalam tubuh, Qi buruk tak berdaya", dengan kata lain, bila Qi sangat kuat, unsur buruk dari luar tidak akan dapat menyerang tubuh manusia.

3. SHEN, berenergi paling besar daya pelindung paling kuat

Jiwa Primer barulah merupakan penguasa manusia sesungguhnya, pertikel yang terbentuk adalah paling mikro, namun memiliki energi paling besar, kemampuan melindungi kehidupan paling kuat, sehingga merupakan pusaka terbaik tubuh manusia dalam menangkal penyakit.

Tetapi, bagaimana menggunakan pusaka Jiwa Primer tersebut? Dalam Huangdi Neijing dikatakan, memelihara kesehatan harus mengutamakan moralitas, hanya dengan mengutamakan moral, baru dapat melindungi Jiwa Primer dan mengembangkan kekuatan tertinggi dari Jiwa Primer.

3 Pusaka kehidupan: tangga kultivasi aliran Tao

Kultivasi aliran Tao (Tao = Jalan menuju kesempurnaan) adalah menjadi "manusia sejati" yang pada umumnya dikenal sebagai Dewa. Dalam melukiskan manusia sejati Huangdi Neijing mengatakan sebagai berikut, manusia sejati adalah orang yang berkutivasi Tao dan telah meraih kesempurnaan. Manusia sejati karena berkultivasi maka memperoleh kemampuan supranatural, sehingga bersinergi dengan alam semesta, tiada yang tidak mampu dilakukan; dan karena telah mendapatkan Tao, maka usianya akan langgeng.

Melakukan kultivasi justru akan mencapai "Keluar dari keduniawian memasuki kesucian". Bagamana dapat berhasil berkultivasi dari manusia biasa hingga menjadi manusia sejati. Kultivasi aliran Tao adalah "berkultivasi ganda jiwa dan raga", selain harus "berkultivasi jiwa" dengan mengutamakan moralitas, juga harus berkultivasi raga dengan berlatih Gong (baca: kung, energi kultivasi) melalui metode latihan dan kultivasi, mengubah Jing yang berbentuk menjadi Qi yang tanpa bentuk namun berenergi dengan tingkat yang lebih tinggi, kemudian melalui Qi tersebut memperkuat energi Jiwa Primer, akhirnya mencapai taraf kondisi kosong sehingga menyatu dengan Tao. Dengan kata lain, mengubah materi yang berbentuk menjadi unsur yang tanpa bentuk. Oleh sebab itu 3 Pusaka kehidupan Jing, Qi dan Shen sangatlah berharga, merupakan tangga peningkatan kultivasi aliran Tao.

3 Pusaka kehidupan Jing, Qi dan Shen benar-benar merupakan 3 jenis pusaka dalam kehidupan manusia. Diantaranya Jiwa Primer adalah yang terpenting, karena Jiwa Primer merupakan penguasa manusia sesungguhnya, kemampuan melindungi kehidupan paling kuat, ia merupakan pusaka terbaik tubuh manusia dalam menangkal penyakit.  [Wang Yuanfu / Beijing]

PESAN KHUSUS

Silahkan dicatat dan klik alamat kategori dibawah ini, sebelum diganti pesan baru:

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

Jangan lupa ngajak teman Tionghoa anda ikut gabung disini http://www.facebook.com/chinese.indo bersama ribuan teman Tionghoa lainnya.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA