BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 08 Februari 2011

YANG JIAN, PENDIRI ZAMAN KE EMASAN DINASTI SUI DAN TANG

Yang Jian merupakan pejabat senior pemerintah Zhou Utara. Pada tahun 579 Masehi, ketika Kaisar Xuan wafat, Kaisar Jing pun naik tahta. Sebagai bapak mertua ke kaisar yang baru itu, Yang Jian telah memerintah kerajaan tersebut. Hingga pada bulan Februari tahun 581 Masehi, Yang Jian memaksa beliau turun tahta dan beliau sendiri naik tahta menjadi Kaisar Wen Dinasti Sui.

Yang Jian memperbarui sistem administrasi dalam di pemerintah pusat, mendirikan tiga departemen yang bertanggung jawab untuk mengatur kebijakan, membahas kebijakan dan menerapkan kebijakan. Pemerintah pusat juga memeriksa hasil administrasi para pejabat lokal setiap tahun. Petugas yang bertugas di berbagai tempat itu dipilih dari tempat yang lain untuk mencegah bangsawan lokal dari mempengaruhi administrasi dan bertindak sewenang-wenang.

Beliau juga beberapa kali mengarahkan agar mencari orang yang berbakat dari seluruh negara, mengangkat tokoh-tokoh yang bukan dari keluarga bangsawan, tetapi benar-benar berbakat sebagai pegawai kanan; menyempurnakan sistem hukum; mengurangi pajak petani, melaksanakan sensus penduduk di seluruh negara; memberikan prioritas kepada pembangunan infrastruktur dan memperkuat pertahanan di perbatasan.

Dengan reformasi yang dilaksanakan oleh Yang Jian itu, posisi Dinasti Sui menjadi semakin kuat. Pada tahun 589 Masehi, Yang Jian menumpas pemerintah Chen dan dengan itu, berhasil mengakhiri zaman perpecahan Tiongkok yang berlangsung selama sekitar 300 tahun itu dan menyatukan negara.

Pada akhir pemerintahan Yang Jian, masyarakat Dinasti Sui agak makmur dan kaya, tentaranya cukup kuat dan menciptakan zaman keemasan dalam sejarah Tiongkok. [Mei-Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA