BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 04 Oktober 2012

TIDAK MENCARI KEKUASAAN DAN MENGEJAR KETENARAN

Ketika Guangwu Liu Xiu adalah kaisar Cina selama Dinasti Han Timur (6 SM sampai 57 AD) dari China kuno, ia menunjuk sarjana Heng Rong sebagai pejabat pengadilan dengan tugas mendidik putranya, Putra Mahkota.
 
Pada saat itu, Heng Rong telah berusia enam puluh tahun dan memimpin sebuah sekolah di Kota Jiujiang di mana ia mengajar ratusan siswa. Salah satu muridnya yaitu Dia Tang, dipromosikan menjadi komandan.

Dia merekomendasikan bahwa Kaisar Tang Guangwu telah menunjuk Heng Rong sebagai guru kekaisaran. Pada hari pertama Heng Rong pergi ke pengadilan, Dia Tang mengingatkan dia, "Menjadi seorang pejabat benar-benar berbeda dengan melakukan penelitian ilmiah sarjana, jadi harus ketat dan jujur.. Namun, seorang pejabat harus adaptif dan fleksibel. Anda sepertinya memiliki kesempatan yang baik untuk menjadi guru Putra Mahkota itu. Tolong jangan terlalu keras kepala. "
 
Heng Rong tidak mengucapkan sepatah kata pun. Kemudian Dia Tang menambahkan, "Meskipun kaisar adalah seorang kaisar yang bijaksana, tapi bagaimanapun dia akan suka jika disanjung secara khusus, jadi Anda tidak harus menyinggung perasaan Pangeran Mahkota.. Jangan terlalu ketat dengan dia."
 
Setelah mendengar hal ini, Heng Rong menjadi tidak senang. Dia berkata, "Kamu adalah murid saya dan dalam hal ini seolah-olah sepertinya Anda bahkan tidak mengenal saya ? Saya telah melakukan penelitian sepanjang hidupku, aku menghargai Tao untuk seorang pria dan tidak ingin menjadi seorang pejabat.

Aku menerima janji kaisar karena kaisar seorang yang bijaksana dan dia telah membantu untuk membuat dunia damai. Anda belum menjadi seorang pejabat, namun Anda telah belajar trik politik dan sanjungan. Anda bahkan mencoba untuk mengajari saya hal-hal seperti itu. Aku benar-benar merasa kasihan pada Anda."
 
Kemudian Heng Rong ingin pulang. Namun, Kaisar Guangwu tidak menyetujuinya. Kaisar Guangwu berbicara dengan Heng Rong beberapa kali dan memujinya, "Apa yang Anda katakan sangat baik. Saya sangat beruntung memilihi Anda, saya berharap saya telah mengenal Anda sebelumnya."
 
Kaisar Guangwu langsung mengangkat Heng Rong sebagai guru kekaisaran. Tanpa diduga, Heng Rong dengan tegas menolaknya. Dia berkata, "Saya tidak memiliki kebajikan yang cukup juga kemampuan, maka jika yang Mulia menghormati saya dengan memberikan jabatan resmi hanya karena Yang Mulia menyukai saya saat ini, itu bukan suatu keputusan yang bijaksana. Saya tidak sebagus menteri Peng Hong atau pejabat Hong Gao. Jadi lebih tepat jika Yang Mulia mempromosikan jabatan itu pada mereka."
 
Kaisar Guangwu mendesah, "Walaupun para ahli telah berbicara tentang tidak mengejar keuntungan pribadi dan tidak mencari ketenaran, berapa banyak dari mereka benar-benar dapat mencapai hal ini. Anda adalah seorang pria yang langka.? Anda tidak hanya sederhana, tetapi bahkan merekomendasikan orang lain kepada saya, tanpa mencari kekuasaan untuk diri sendiri." Kaisar Guangwu tetap bersikeras untuk menunjuk Heng Rong sebagai guru kekaisaran. Dia juga mempromosikan Peng Hong dan Hong Gao untuk menjadi pejabat pengadilan.
 
Ketika Peng dan Gao pergi untuk berterima kasih kepada Heng Rong atas rekomendasinya pada kaisar, namun Heng Rong tidak menerima mereka. Dia mengirim pesan kepada mereka dan berkata, "Kaisar adalah seorang yang bijaksana dan dengan demikian maka Kaisar yang mempromosikan Anda, maka hal ini tidak ada hubungannya dengan saya.
Jika Anda ingin berterima kasih kepada seseorang, maka seharusnya Anda harus berterima kasih kepada kaisar. Anda harus rajin dalam melaksanakan pekerjaan Anda dan menjadi setia kepada negara, itulah apa yang harus Anda lakukan."
 
Suatu hari, Kaisar Guangwu pergi untuk mengunjungi perguruan tinggi kekaisaran. Biasanya hal itu hanya terjadi jika ada terjadi perselisihan diantara para ulama. Beberapa ulama tampak diam dan tak berani berbicara dengan wajah merah. Heng Rong adalah orang satu-satunya yang menyikapinya dengan tenang juga dengan kata-kata yang lembut dan tidak menunjukkan rasa hormat.

Kaisar Guangwu mengatakan kepada pejabat yang menyertainya," Penalaran dengan hormat adalah apa yang tidak dilakukan oleh seorang sarjana sejati seperti Heng Rong, yang tidak hanya membuktikan tetapi ia mampu melakukan hal ini.."
 
Kaisar Guangwu mencoba untuk mempromosikan Heng Rong beberapa kali, namun Heng Rong dengan sopan menolaknya. Dia mengatakan, "Kepercayaan anda adalah kehormatan besar bagi saya, tetapi saya tidak membuat kontribusi besar kepada negara. Jika saya menerima promosi ini karena saya ingin mencari ketenaran, maka Yang Mulia akan dikritik dan saya akan merasa malu."
 
Setelah Putra Mahkota bertahun-tahun mencapai penelitian dan menjadi seorang sarjana. Hal ini membuat Heng Rong sangat senang, namun setelah itu ia meminta untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai guru Putra Mahkota itu. Dia menulis surat kepada Kaisar Guangwu beberapa kali, "Terima kasih, Yang Mulia, karena telah memberi saya kesempatan untuk mengajar Pangeran Mahkota. Pangeran ini telah lulus menjadi sarjana dan dia telah belajar semua klasik, jadi sekarang saatnya bagi saya untuk kembali ke rumah.."
 
Tetapi yang lainnya menyarankan agar Heng Rong tidak mengundurkan diri dan mengatakan kepadanya, "Ini adalah suatu kehormatan besar untuk menjadi seorang guru Pangeran Mahkota. Suatu hari ketika Pangeran Mahkota menjadi kaisar, bukankah kehormatan bagi Anda akan beragam ?. Orang lain yang ingin mencari kesempatan seperti itu tidak bisa dengan mudah mendapatkannya. Bagaimana Anda bisa memberikannya dengan begitu mudah ?"
 
Heng Rong menjawab, "Jika saya berpikir seperti Anda, bagaimana aku bisa menjadi guru Putra Mahkota itu ? Memang benar posisi ini sangat terhormat, tetapi saya tidak berani mempertahankannya lebih lama."
 
Putra Mahkota Liu Zhuang kemudian menjadi Kaisar Mingdi di Dinasti Han. Kaisar Mingdi sangat mengagumi Heng Rong dan memperlakukannya dengan hormat karena Heng Rong adalah gurunya.  

Suatu waktu Kaisar Mingdi pergi ke Pengadilan Taichang untuk mengikuti upacara keagamaan dan untuk memeriksa sarjana kekaisaran. Kaisar meminta Heng Rong untuk duduk di meja seperti ketika Heng Rong sedang mengajar dia. Kaisar Mingdi dengan  beberapa ratus orang, termasuk pejabat pengadilan dan mahasiswa Heng Rong juga pergi ke Pengadilan Taichang untuk memberikan hormat kepada Heng Rong.  

Ketika Heng Rong sakit, Kaisar Mingdi secara pribadi pergi untuk menjenguknya. Setelah tiba dirumahnya, sang kaisar keluar dari kereta dan berjalan ke rumah Heng Rong untuk menunjukkan rasa hormatnya. Ketika Heng Rong meninggal, Kaisar Mingdi mengenakan pakaian berkabung untuk menghadiri pemakamannya. [Ernawati H / Medan] Sumber: Kebajikan dalam kehidupan

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA