BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 04 Oktober 2012

MEMENUHI TUJUAN DENGAN SIKAP SEDERHANA DAN TIDAK EGOIS

Zheng Xuan (郑玄) AD 127-200 dikenal juga sebagai Kang Cheng (康成) yang berasal dari Gaomi, Han Timur (sekarang terletak di Gaomi, Provinsi Shandong).

Dia adalah seorang sarjana terkenal dan orang yang berpengalaman, baik dalam sejarah masa lalu maupun sekarang.

Ketika dia menulis penjelasan mengenai versi sejarah kuno Chun Qiu - klasik Yang Zuo, dia tidak pernah menyelesaikan hasil karyanya. Suatu hari, Zheng Xuan pergi untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Selama dalam perjalanannya, secara kebetulan dia menemukan seorang pria yang bernama Fu Zishen, yang kebetulan menginap di penginapan yang sama dengannya. Mereka sudah saling kenal baik sebelumnya.

Ketika dia sedang berdiri di luar penginapan dekat gerobak, dia mendengar Fu Zishen berbicara dengan orang lain tentang karyanya pada Chun Qiu - versi Zuo itu. Zheng Xuan mendengarkan dengan penuh perhatian dan menyadari bahwa sebagian besar ide-ide Fu Zishen pada Chun Qiu - versi Zuo mirip dengan dirinya sendiri.
 
Zhen Xuan kemudian berjalan dan berkata kepada Fu Zishen, "Saya telah bekerja untuk mengumpulkan komentar tentang Chun Qiu - versi Zuo untuk beberapa waktu, tetapi belum bisa menyelesaikan pekerjaan saya yang tertunda. Setelah mendengar pembicaraan Anda, saya menemukan bahwa sebagian besar dari pikiran kita adalah sama. Saya akan memberi Anda bagian untuk menyelesaikan pekerjaan yang sebelumnya telah saya lakukan."
 
Fu Zishen akhirnya bisa menyelesaikan buku Chun Qiu - dengan Komentar Fu. Zheng Xuan dan Fu Zishen adalah ulama kontemporer yang terkenal karena pengetahuan mereka tentang klasik kuno dan sejarah. Padahal sebelumnya mereka belum pernah bertemu satu sama lain sebelum pertemuan tadi.

Tapi, ketika dia menemukan ide-ide Fu begitu mirip dengan dirinya sendiri, maka Zheng Xuan langsung menawarkan dukungan tanpa syarat dengan memberikan hasil karyanya sendiri untuk diselesaikannya. Hal ini membuat Fu berusaha keras untuk menyelesaikan hasil sebuah karya besar.

Bantuan ini di kemudian hari membuat Fu menjadi terkenal. Sikap Zheng Xuan yang tidak egois dan sederhana, yang telah membantu Fu Zishen untuk memenuhi tujuannya telah memenangkan rasa hormat yang besar dan kekaguman dari masyarakat. [Ernawati H / Medan] Sumber: Kebajikan dalam kehidupan

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA