BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 30 Agustus 2012

MENGALAHKAN IBLIS HATI

Disaat ada waktu senggang, saya membaca lagi Kisah Perjalanan ke Barat. Ketika sampai pada bagian tentang raja kera sakti (Sun Gokong) sejati dan palsu. Saya teringat dulu pernah menonton serial cerita ini di TV, hanya merasakan ceritanya sangat menarik, membuat orang terkesima. Namun sekarang dilihat lagi, mendapatkan pemahaman yang berbeda.

Semua orang mempunyai dua sisi, baik dan jahat. Kadang kala terlihat seperti marah, emosi atau iri hati dalam hati, sebenarnya iblis hati diri kita yang sedang berulah.

Dalam kisah raja kera sakti sejati dan palsu, Sun Gokong yang palsu mungkin mewakili sisi jahat dari Sun Gokong yang sejati. Maka dari itu, hal-hal jahat yang dilakukan oleh Gokong palsu, dengan citra yang menunjukkan hati keiblisan dari Gokong.

Akhir dari kisah tersebut, Gokong sejati berhasil memukul tewas Gokong palsu, hal ini sama dengan melenyapkan keiblisan hati sendiri, ini juga merupakan satu dasar bagi Gokong untuk bisa berkultivasi mendapatkan buah sejati dalam perjalanan mengambil sutra (kitab suci).

Sampai disini, mendadak teringat akan diri sendiri, terpikir manifestasi dari manusia. Dalam perjalanan hidup, mungkin setiap orang butuh mengalahkan keiblisan hati masing-masing, baru bisa membuat batinnya benar-benar membumbung naik, menghayati taraf yang berbeda dalam kehidupan.

Yang menyedihkan adalah, ada banyak orang tidak bisa membedakan apakah jelas pemikiran dan tindakannya itu berasal dari dirinya yang sejati ataukah ulah dari keiblisan diri sendiri, masih mengira pikiran jahat yang kadang tersirat di benak kita itu tidak penting, tersirat ya tersirat.

Tidak disadari bahwa terkumpulnya pikiran jahat sedikit demi sedikit, membuat keiblisan hati kita semakin lama semakin kuat. Hanya dengan waspada setiap saat, begitu menemukan pikiran jahat yang tidak benar langsung dibasmi, barulah bisa mempertahankan kemurnian dan kelurusan hati kita. [Siao Wei / Tanjung Pinang]

Silahkan klik menu kategori lain di bawah ini:

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

Atau ngajak teman Tionghoa anda ikut gabung disini http://www.facebook.com/chinese.indo bersama ribuan teman Tionghoa lainnya.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA