BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 10 Maret 2011

OPERA KUNQU YANG TERKENAL MENDUNIA

UNESCO PBB telah mengumumkan daftar nama "Warisan Bentuk Lisan dan Bukan Material Manusia" kelompok pertama pada 18 Mei 2001 di Paris. 19 tipe permohonan terdaftar sebagai warisan itu, antaranya termasuk seni Opera Kunqu Tiongkok.

Opera Kunqu berasal dari Kota Kunshan Provinsi Jiangsu di timur Tiongkok dan sudah bersejarah lebih 600 tahun. Pada mulanya, Opera Kunqu hanya merupakan senandung yang hanya populer di area Kunshan. Kemudian ia diperkenalkan ke berbagai tempat di seluruh China.

Nilai seni Opera Kunqu terutama diperlihatkan dalam 3 aspek, yaitu skrip drama, musik dan presentasi.

Naskah drama Opera Kunqu terdiri dari susunan drama yang terbentuk pada abad ke-10 di Cina. Umumnya setiap skrip drama terdiri dari 24 babak, dan setiap babak terdiri dari satu cerita yang lengkap dan dapat dipersembahkan secara terpisah. Sedangkan 24 babak tersebut dikaitkan satu sama lain menurut perkembangan ceritanya secara umum. Ayat "libreto" Opera Kunqu ada yang panjang dan ada yang pendek. Kata cantik, rentaknya lemah-lembut dan merdu. Musik lagu Opera Kunqu ada lebih 1000 jenis. Antaranya bukan saja ada musik lagu dan tarian zaman kuno, tetapi juga terdapat banyak lagu rakyat dan lagu etnis minoritas Tiongkok. Alat musik utama yang mengiringi Opera Kunqu adalah seruling, Sheng, Xiao dan Suona, beberapa jenis alat musik tiupan, serta Sanxian dan Pipa, yaitu dua jenis alat musik kutipan tradisional Cina.

Presentasi Opera Kunqu memiliki sistem dan keistimewaannya sendiri. Opera ini demi nyanyian dengan lirik lagu dan gerak-gerik presentasi yang halus dan cantik. Tarian Opera ini dipersembahkan menurut peraturan tertentu, sedangkan lagunya dinyanyikan sesuai dengan gerak-gerik tariannya. Presentasi Opera Kunqu sebenarnya terdiri dari nyanyian, dialog dan tarian. Beberapa syarat presentasi tersebut adalah yang paling ketat antara berbagai opera di Tiongkok.

Pemeran Opera Kunqu harus memiliki kepandaian yang cukup tinggi untuk beberapa syarat presentasi tersebut, barulah dia dapat mempersembahkan Opera Kunqu dengan baik. Aktor berbagai opera lainnya di Cina banyak mempelajari kepandaian presentasi Opera Kunqu untuk meningkatkan taraf presentasi kesenian mereka. Artis Opera Peking, Mei Lanfang yang terkenal di seluruh dunia itu pernah mempelajari kepandaian dan cara presentasi Opera Kunqu untuk satu waktu yang panjang. Ia banyak mencontoh gaya dan cara presentasi Opera Kunqu dalam presentasi Opera Pekingnya.

Opera Kunqu berkembang menjadi opera yang sempurna dalam waktu 400 tahun sebelum abad ke-18, dan sampai ke puncaknya pada abad ke-18. Dalam waktu itu, Opera Kunqu selalu dipersembahkan untuk keluarga kerajaan, bangsawan dan pejabat-pejabat tinggi, dan juga diminati oleh masyarakat atasan. Karena presentasi Opera Kunqu terlalu mementingkan kecantikan gerak-gerik, musik, lagu, lirik, dialog dan pakaian, akibatnya, ini semakin terasing dari rakyat berbagai lapisan masyarakat dan menjadi tidak terkenal.

Pada akhir abad ke-18, opera lokal di berbagai tempat di Tiongkok berkembang pesat. Tema Opera lokal terkait erat dengan kehidupan rakyat dalam berbagai lapisan masyarakat, sedangkan penontonnya juga merupakan lapisan masyarakat bawah. Perkembangan opera lokal, khususnya Poera Peking, di dimana-mana di Tiongkok, telah memecahkan pemonopolian Opera Kunqu dan mempercepat kemerosokan opera tersebut.

Kebanyakan aktor Opera Kunqu telah beralih untuk memerankan Opera Peking atau opera lokal lainnya. Namun, sebagai opera yang paling terkenal dan populer selama 400 tahun di Tiongkok, Opera Kunqu telah melahirkan pengaruh besar terhadap puluhan jenis opera lain seperti Opera Jin di Shanxi, Opera Xiang di Hunan, Opera Chuan di Sichuan, Opera Gan di Jiangxi, Opera Yue di Shanghai dan Zhejiang dan lain-lain. Opera Kunqu disebut "penyebab dan guru berbagai opera Tiongkok". Musik, lagu, cara menyanyi, gerak-gerik dan presentasi Opera Kunqu tidak berubah setelah perubahan zaman. Jadi, kita dapat menyaksikan Opera Kunqu sebagai opera kuno Tiongkok yang asli yang juga di gelar sebagai "fosil hidup" opera Tiongkok.

Sekarang, pemerintah Cina mengalokasikan banyak dana untuk mewariskan dan mengembangkan Opera Kunqu.

Diterjemahkan oleh: Chen Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA