BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 01 Maret 2011

LAO MA SHI TU

Pada zaman Chunqiu, yaitu antara tahun 770 hingga tahun 476 Sebelum Masihi, atas permintaan negeri Yan, raja negeri Qi, yaitu Raja Qihuangong telah menimpin tentaranya untuk menyerang negeri Guzhu, sebuah negeri kecil yang kini terletak di provinsi Hebei di bagian utara China.

Pada waktu mereka berangkat, musim bunga baru mulai. Bagaimanapun, ketika mereka berhasil perang dengan negeri tersebut, dan hendak pulang ke kampung halaman, musim dinginpun sudah tiba.

Apabila tentara yang dipimpin oleh Raja Qihuangong itu tiba di sebuah lembah yang besar, yang terpampang di depan mata mereka, hanyalah hamparan salju yang memutih. Arah jalan susah sekali untuk dilihat. Maka, mereka pun tersesat.

Ketika melihat askarnya menjadi begitu kuatir, Perdana Menteri Guan Zhong yang mengiringi raja Qihuangong dalam peperangan ini, pun menampilkan diri, sambil berkata,

"Janganlah bimbang. Kuda-kuda tua yang kita bawa, pasti ingat akan jalan yang pernah dilewati oleh mereka."

Maka, atas perintah Raja Qihuangong, Guan Zhong pun memilih beberapa ekor kuda yang tua, dan membiarkan mereka berjalan di hadapan. Dengan mengikut perjalanan kuda-kuda tersebut, akhirnya, tentara negeri Qi berhasil keluar dari lembah itu, dan kemudian menemui jalan yang benar untuk pulang ke kampung halaman mereka.

Catatan Keterangan:

Peribahasa "Lao Ma Shi Tu" atau "Kuda Tua Ingat Akan Jalan" ini membawa arti, orang atau golongan yang berpengalaman boleh menjadi pembimbing yang baik dalam sesuatu perkara. Peribahasa ini memperlihatkan begitu pentingnya pengalaman yang kita lalui untuk memimpin kita ke nuju keberhasilan. (*v*)

Mobile Upload by - Chen Mei Ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA