BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 11 September 2012

NASEHAT QU YUAN UNTUK JUJUR DAN TIDAK KORUPSI

Qu Yuan (339-278 SM), seorang pejabat yang benar dari Negara Chu selama Periode Negara Berperang (403-221 SM) dari Tiongkok.

Qu mendedikasikan dirinya untuk setia melayani Negara Chu. Karena bakat dan integritasnya, pejabat lain di pengadilan berusaha keras untuk menggeser kedudukannya. Melalui Zheng Xiu, seorang selir favorit Raja Chu, mereka memfitnah Qu di depan raja, sehingga menyebabkan Qu diasingkan.

Karya "Ramalan" (tidak diketahui penulisnya), mencatat buah pikiran Qu Yuan tentang keadaan genting tersebut.

Setelah diasingkan, Qu tidak melihat Raja Chu selama tiga tahun. Dia bingung dan cemas, sehingga ia mencari nasihat dari peramal Zheng Zhanyin. "Saya punya pertanyaan dalam pikiran saya, berharap Anda dapat membantu saya menemukan jawabannya," kata Qu. Zhanyin menaruh tanaman milfoil, dan menyeka debu dari tempurung kura-kura, sambil berkata kepada Qu, "Saya siap mendengar pertanyaan Anda."

Qu berkata, "Haruskah saya rajin, jujur, dan setia atau haruskah saya menyanjung, melayani, dan bersosialisasi sehingga saya bisa menghindari kesulitan? Apakah saya lebih cocok bekerja keras di lapangan dan menyiangi pertanian, daripada tunduk kepada kekuasaan demi ketenaran dan keuntungan? Apakah saya harus berbicara terus terang yang membahayakan diri daripada mengikuti arus untuk melindungi kepentingan saya sendiri? Haruskah saya melampaui dunia berlumpur, mengambil jalan yang lebih tinggi, dan tetap jujur pada diri sendiri, atau haruskah saya memakai wajah tersenyum menyanjung dan melayani selir favorit raja tersebut?"

"Apakah saya lebih cocok jujur dan tidak korup untuk menjaga integritas saya, daripada membaca pikiran orang lain, bermain dalam kekuasaan, dan mengubah pendirian saya setiap kali situasi berubah? Apakah saya lebih cocok mencoba untuk menjadi yang terbaik daripada bertahan nyaman dengan yang terburuk? Haruskah saya terbang tinggi dengan angsa atau berkelahi dengan ayam dan bebek di tanah demi makanan?"

"Dari semua ini, apa yang baik, apa yang buruk? Apakah yang harus saya tinggalkan dan apa yang harus saya ikuti? Dunia ini berlumpur. Mereka yang menyanjung dan bersekongkol memiliki kekuatan dan ketenaran, mereka yang saleh dan baik tidak dikenal dan bukan siapa-siapa. Sayangnya, apa yang bisa saya katakan? Siapa yang tahu integritas dan loyalitas saya?"

Mendengar hal ini, Zhanyin meletakkan tanaman milfoil dan meminta maaf kepada Qu Yuan, "Ada pertanyaan yang bahkan ramalan pun tidak bisa menjawabnya. Hanya ikuti kata hati Anda. Tempurung kura-kura dan tanaman milfoil saya tidak dapat membantu Anda," katanya. [Alex Wu /Surabaya]
 
Silahkan klik menu kategori lain di bawah ini:

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

Atau ngajak teman Tionghoa anda ikut gabung disini http://www.facebook.com/chinese.indo bersama ribuan teman Tionghoa lainnya.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA