BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 18 Mei 2011

XING YIQUAN, ALIRAN BELA DIRI YANG TERKENAL DI TIONGKOK

Xingyiquan adalah ilmu bela diri Tiongkok yang menggabungkan filosofi Wu Xing (lima elemen) ke dalam jurus-jurusnya. Xingyi adalah ilmu bela diri tertua di antara tiga ilmu bela diri neijia (lainnya adalah Baguazhang dan Taijiquan).

Pada zaman dahulu Xingyiquan juga disebut Xin Yi Liu He Quan (terjemahan lepas: Jurus (pukulan) Enam Keharmonian Hati dan Pikiran). Mempunyai dua belas gerakan yang berasal dari binatang, yaitu naga, macan, monyet, kuda, buaya, ayam jago, burung elang, burung swallow, burung rajawali, beruang dan roc (binatang legenda).

Pembentukan jurus ini terikait dengan Jendral Yue Fei (1103-1141) biarpun tidak ada data tertulis mengenai hal ini.

Sedangkan pengembangannya dilakukan oleh Ji Long Feng, seorang petarung dari Dinasti Ming yang terkenal akan kemahirannya memainkan tombak. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Hui Tek - Pontianak

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA