BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 15 Mei 2011

MO TZU, FILSAFAT TIONGKOK KUNO

Mo Tzu adalah seorang Filsuf Cina yang hidup sekitar tahun 479-381. Nama keluarganya adalah Mo dan namanya adalah Di. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa Mo Tzu berasal dari Sung (sekarang disebelah utara Honan dan Barat Shantung) dan beberapa ilmuwan lain mengatakan bahwa ia berasal dari Lu, daerah yang sama dengan Konfusius. Sumber utama yang dapat digunakan untuk mengetahui pemikirannya adalah dari sebuah buku yang menggunakan namanya, Mo-tzu, yang berisi 53 bab yang merupakan kumpulan dari tulisannya.

Mo Tzu adalah pendiri sekolah Mohist. Konteks sekolah ini adalah berada pada masa dinasty Chou. Setiap raja, putri, dan pangeran memiliki pasukan khusus. Kehidupan sosial menjadi begitu mutlak dan jika terjadi perpindahan strata hanya dapat dilakukan oleh kelompok ju.

Pemikirannya dengan pemikiran Konfusius sama-sama berpengaruh. Namun terdapat perbedaan yang membuat mereka pemikiran menjadi kontras, yaitu Konfusius merasa simpati dengan ritual-ritual, institusi tradisional,musik, literatur-literatur yang berasal dari Dinasti Chou. Sedangkan Mo Tzu meragukan validitas hal-hal tersebut. Konfusius adalah seorang saudara sedangkan Mo Tzu adalah seorang pengkhotbah militan. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Chen Mei Ing - Jakarta

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA