BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 25 Januari 2011

DA YU

Pada lebih empat ribu tahun yang lalu, bencana air bah sering terjadi di Sungai Kuning. Da Yu berhasil mencegah air bah itu dan kepala kaum Huaxia, Shun memberikan tahta ke Da Yu.

Xia merupakan dinasti pertama dalam sejarah Tiongkok, dinasti itu bersejarah hampir 500 tahun dan dimulai pada abad ke-21 sebelum Masehi hingga abad ke-16 sebelum Masehi. Wilayah pemerintahannya terletak di area selatan provinsi Shanxi dan area barat provinsi Henan pada masa ini.

Sponsor Dinasti Xia itu, Da Yu merupakan pahlawan yang dijunjung tinggi dalam usaha mencegah banjir. Dinasti Xia merupakan permulaan masyarakat bersistem hamba dalam sejarah Tiongkok dan masyarakat primitif telah berakhir setelah itu.

Pada periode akhir Dinasti Xia, kekacauan telah terjadi antara anggota diraja Dinasti Xia dan pertentangan masyarakat pun menjadi semakin serius.
Raja terakhir Dinasti Xia, Jie tidak mengacuh administrasi negara dan asyik bermain dengan gundik yang disukainya. Dan raja itu membunuh menteri-menteri yang memberi nasihat kepadanya.

Berbagai negeri kecil dibawah kerajaan Xia itu berturut-turut mengadakan pemberontakan. Akhirnya Negeri Shang telah berhasil mengalahkan tentara Xia dan mengakhiri pemerintahan Xia. Raja Jie pun mati setelah dia melari ke Nanchao.

Disalin oleh: Mei-ing

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA