BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 11 Januari 2013

KEMAMPUAN GAIB LUYUN

Gao Yuting adalah seorang putra yang sangat berbakti. Segera setelah ia diangkat menjadi walikota Tuyang County, ia mengajak ibunya yang sudah berumur 70 tahun, Nyonya Yu untuk tinggal bersamanya.

Nyonya Yu mengalami kesulitan ketika pergi ke tempat anaknya yang terlalu jauh untuk seorang ibu yang sudah tua dan dia jatuh sakit ketika hanya baru setengah perjalanan. Setelah istirahat 12 hari di sebuah penginapan, dia kembali melanjutkan perjalanannya.
 
Suatu hari, saat Nyonya Yu melewati Gunung Timur daerah An, dia terpesona oleh pemandangan yang sangat indah. Saat dia berjalan, dia mendengar suara tangisan menyedihkan dari seorang wanita muda, jadi dia berhenti untuk melihat apa yang terjadi dan dia menemukan seorang wanita muda dua puluhan yang sedang menangis di samping batu.
 
Wanita muda itu berkata, "Nama saya Luyun. Orang tua saya meninggal dan ibu tiri saya tidak suka pada saya, dan memperlakukan saya dengan buruk. Saya dipaksa untuk melarikan diri dari keluarga saya, tapi saya tidak tahu ke mana harus pergi, jadi saya sangat sedih ... "Air mata datang mengalir dari matanya saat berbicara.
 
Nyonya Yu merasa kasihan pada wanita muda yang menangis sampai kedua matanya  bengkak. Dia berkata, "Nama saya adalah Yu. Saya dalam perjalanan ke Tuyang, karena anak saya adalah kepala daerah disana. Jika Anda ingin, maka Anda dapat pergi dengan saya untuk pergi ke Tuyang dan melayani saya."

Mendengar hal ini, Luyun berlutut dan berkata, "Terima kasih karena mau menyuruh saya ikut dengan Anda. Untuk membalas kebaikan Anda, saya ingin diterima menjadi pelayan Anda untuk melayani Anda ". Nyonya Yu menyetujui permohonannya dan mereka kemudian bepergian bersama-sama. Luyun melayani Nyonya Yu dengan baik di perjalanan, sehingga wanita tua itu sangat senang untuk memiliki dia.
 
Setelah tiba di Tuyang, Nyonya Yu mengatakan kepada anaknya, Gao Yuting tentang cerita Luyun. Gao Yuting mengamati Luyun dalam-dalam dan melihat dia seorang wanita muda yang cantik dan lemah lembut, lalu ia berkata, "Mam, rupanya dia adalah seorang gadis yang baik. Karena Anda merasa kasihan padanya dan puas dengan layanan nya, tentu saja Anda dapat menahannya di sisi Anda."
 
Beberapa bulan kemudian, putri Gao Yuting, Nona Gao akan menikah dengan putra seorang kepala daerah, tapi dia diculik oleh bandit yang bersenjata pisau dan senjata dalam perjalanan ke rumah pengantin pria.
 
Ketika pengikutnya meninggalkan rumah untuk melaporkan kasus ini, istri Gao pingsan. Nyonya Yu berubah sangat pucat dan Tuan Gao tidak tahu bagaimana cara untuk menyelamatkan putrinya.
 
Beberapa pejabat menyatakan bahwa Tuan Gao harus mengirim pasukan untuk menyelamatkan Nona Gao, tapi Tuan Gao Yuting menjadi bingung, karena satu atau dua pengawal saja tidak akan cukup untuk mengalahkan bandit yang bersenjata. Namun, jika mengirim banyak tentara, malah mungkin akan membahayakan nyawa Nona Gao.
 
Sementara Tuan Gao ragu-ragu, Nyonya Yu mendesah, "Tidak peduli apa pun yang harus kita lakukan, Anda harus mencoba yang terbaik untuk melindungi cucu saya. Jika sesuatu yang buruk terjadi padanya, bagaimana kita akan mempertanggung jawabkannya pada seluruh keluarga kita?"
 
Tiba-tiba, mereka mendengar suara kecil di samping Nyonya Yu yang mengatakan, "Saya sudah di sini selama beberapa bulan dan saya sangat berterima kasih kepada Nyonya Yu yang telah menyelamatkan saya, namun saya tidak pernah memiliki kesempatan untuk membalas kebaikan hatinya. Jadi jika Anda percaya padaku, aku ingin pergi untuk menyelamatkan Nona Gao saat ini." Semua orang menjadi sangat terkejut ketika mereka mendengar bahwa yang berbicara itu adalah Luyun seorang wanita yang ramping dan lemah lembut.
 
Tuan Gao meragukan kemampuannya, "Kau begitu muda dan lemah lembut, bahkan Anda tidak dapat menangkap seekor ayam. Sementara para bandit begitu kasar dan keras, bagaimana mungkin Anda bisa berurusan dengan mereka?"
 
Tanpa menjawab pertanyaan, Luyun mengatakan, "Kasus ini tidak dapat ditunda lagi, aku harus pergi sekarang." Luyun berlari keluar dari pintu dan kemudian melompat ke dinding dan menghilang. Semua orang merasa heran pada apa yang mereka lihat.
 
Setelah Luyun pergi begitu lama, Nyonya Yu mengatakan, "Dia telah di sini selama beberapa bulan dan saya tidak pernah menyadari bahwa dia berbeda dari pelayan lainnya. Siapa yang tahu bahwa dia memiliki kemampuan-kemampuan ajaib."
 
Namun, Tuan Gao Yuting mendesah dan berkata, "Apakah dia seorang pendekar seperti yang orang-orang bicarakan?" Tidak ada yang menjawabnya.
 
Sekitar tengah malam, keadaan sangat tenang bahkan sebatang jarum jatuh pun bisa didengar dan semua orang diam untuk menunggu informasi tentang Nona Gao. Ketika itu, tiba-tiba ada suara vas bunga yang pecah. Kemudian seorang pelayan datang ke ruangan dengan membawa teh. Tuan Gao Yuting hendak mengkritik pembantu, tetapi ketika mereka mendengar ada suara yang jelas mengatakan sambil tertawa, "Untungnya, saya tidak menunda, jika tidak saya pasti sudah terlambat."
 
Lalu mereka mendengar seseorang melompat turun dari dinding di halaman belakang dan melihat Luyun masuk. Semua orang di ruangan itu berdiri untuk menyambutnya. Mereka semua lega ketika mereka melihat Luyun yang lelah dengan membawa Nona Gao di punggungnya telah berdiri di depan mereka.

"Luyun", kata Tuan Gao Yuting.

"Untungnya, saya masih bisa hidup dengan kepercayaan Anda. Berikut ini adalah Nona Gao, yang tidak ada terluka," kata Luyun.
  
Tuan Gao kemudian mengucapkan terima kasih pada Luyun. Setiap orang mengelilingi Nona Gao dan bertanya apa yang telah terjadi padanya.
 
Nona Gao mengatakan, "Ketika saya diculik oleh bandit, mereka menutup mataku dengan kain hitam dan menutup mulutku. Kemudian, tanpa mengetahui berapa banyak waktu yang telah berlalu, mereka membawa saya ke pondok mereka dan mereka mengunci saya di sebuah ruangan kosong. 

Tiba-tiba, ada sebuah cahaya sinar putih yang bersinar melalui jendela dan saya menggigil. Lalu aku merasakan tangan bandit yang meraih saya menjerit dan ia terjatuh di samping saya. Ketika aku melihat ke arahnya, saya menemukan bahwa kepalanya telah dipotong. Lalu aku tidak tahu apa yang terjadi setelah itu. Ketika saya membuka mata lagi, aku sudah berada di sini dengan Anda."
 
Setelah mendengar hal ini, semua orang menatap Luyun yang sangat pemalu dan minta pamitan dengan berkata, "Maaf, aku sangat lelah sekarang. Hal itu semua benar, saya mau pergi istirahat dulu."
 
Ketika Luyun pergi ke kamar Nyonya Yu untuk mempersiapkan dirinya untuk tidur, Nyonya Yu meraih tangannya yang kecil dan berkata, "Semua keluarga kami berutang banyak hari ini padamu, tapi aku benar-benar tidak mengerti. Jika Anda sangat berbakat, mengapa kau tidak kembali ke keluarga dan membalas dendam pada ibu tiri Anda?"
 
Luyun mengatakan, "Saya tidak akan pernah lupa bahwa Anda mengijinkan saya tinggal di sini. Mampu membantu keluarga Anda hari ini adalah untuk memenuhi salah satu impian saya. Meskipun saya diperlakukan buruk oleh ibu tiri saya, tapi aku tidak dendam padanya karena tanpa begitu maka aku masih akan menjadi istri seorang petani miskin dan tidak bisa mempelajari semua ini. Jadi saya pikir saya bahkan harus berterima kasih kepada ibu tiri saya."
 
Nyonya Yu mengatakan, "Jadi Anda seorang wanita muda yang sangat berbeda." Dan dia merekomendasikan cucunya pada Luyun sebagai calon suaminya.
 
Luyun mengatakan, "Maaf, saat aku mengungkapkan diriku hari ini, saya tidak bisa tinggal di sini lebih lama lagi. Tapi saya ingin memperingatkan Anda bahwa mungkin tak lama lagi Anda akan segera berada dalam bahaya."
 
Nyonya Yu begitu takut mendengar kata-kata itu dan membuatnya menggigil, lalu dia bertanya, "Bagaimana kami bisa selamat jika berurusan dengan hal itu akan terjadi lagi?"
 
Luyun membungkuk dan berpikir, dan kemudian dia berkata, "Silakan hubungi cucu Anda dan suruh kesini."
 
Ketika Nona Gao telah berdiri di depan Luyun, Luyun melepas satu cincin logam panah dari jarinya dan menyerahkannya kepada Nona Gao. "Seperti yang telah saya katakan tadi, saya tidak bisa tinggal di sini lebih lama lagi, maka seluruh keluarga akan tergantung pada Anda untuk berurusan dengan bahaya di masa depan. Berikut adalah logam cincin panahku. Cobalah untuk membuangnya sejauh mungkin ketika Anda berada dalam bahaya."

Setelah menerima cincin itu, Nona Gao bertanya, "Lalu, kemana Anda akan pergi." Dengan mendesah Luyun berkata, "Mungkin kemana saja".

Kemudian Luyun membantu Nyonya Yu berbaring ke tempat tidur dan keesokan harinya dia menghilang. Semua orang mendesah untuknya.
 
Sudah selama sebulan Luyun pergi, orang-orang sering menyatakan kekaguman mereka dan merasa kasihan padanya. Lalu pada suatu malam, setelah melewati hari yang sibuk dan makan malam dengan beberapa pejabat, Tuan Gao Yuting pergi tidur lebih awal. 

Dia tiba-tiba dibangunkan oleh suara bising di luar dan menemukan sekelompok bandit yang lebih dari 40 orang telah melompati dinding dan memasuki halaman belakang. Mereka semua memegang pisau di tangannya.
 
Setelah mendengar suara langkah kaki yang cepat di luar, Tuan Gao Yuting diam-diam menyuruh semua anggota keluarganya bangun dan kemudian mereka bergegas pergi ke gedung di belakang rumah mereka.
 
Ketika tidak menemukan seorang pun di rumah, bandit itu memutuskan untuk mencari di bangunan belakang. Nona Gao segera mengatakan pada Tuan Gao Yuting, "Ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan cincin logam panah Luyun kini. Dia mengatakan kepada saya untuk menggunakannya ketika dalam keadaan bahaya."

Kemudian dia melemparkan cincin itu keluar sejauh mungkin menuju bandit. Dengan kilatan cahaya putih, cincin itu terbang ke bandit dan seolah-olah seperti dalam pertunjukan sulap, semua bandit berdiri di sana, tanpa bergerak lagi. Maka Tuan Gao Yuting memerintahkan anak buahnya, "Ayo tangkap mereka semuanya."
 
Tuan Gao Yuting menginterogasi para bandit hari berikutnya. Dia bertanya, "Kau sangat agresif ketika Anda pertama kali datang, bagaimana Anda bisa tertangkap tanpa perlawanan setelah itu?"
 
Pemimpin bandit mengatakan, "Ketika kami siap untuk mencari orang digedung, kami melihat kilatan cahaya putih dan kemudian kita tidak bisa bergerak lagi. Jadi kita tertangkap". Akhirnya para bandit dieksekusi setelah itu. [Ernawati H / Medan] Sumber: Kebajikan

***

Ingat ! Anda juga bebas mengirim artikel-artikel "berita, internasional, budaya, kehidupan, kesehatan, iptek & kisah" ke dalam blog ini melalui email: tionghoanews@yahoo.co.id

Mari kita bersama-sama dukung blog Tionghoanews.com dengan cara membagikan (share) ke dalam halaman facebook, twitter & google+ anda.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA