BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 11 Januari 2013

KEBAJIKAN BESAR MEMBAWA SEBUAH MASA YANG CERAH

Pada akhir Dinasti Yuan, Yu Wenliang adalah seorang teman baik Liu Bowen, yang telah dikenal sebagai orang yang saleh dan berbakat sejak ia masih muda. Dan dia cukup tampan ketika ia dibesarkan. 

Dia terkenal karena kebajikannya yang besar, seperti kebenaran, kepolosan dan reputasi lainnya yang melindungi orang lain, sehingga membuatnya menjadi seorang pria sejati.

Wenliang pernah menjadi guru keluarga untuk dua anak dari tuan tanah yang kaya. Karena usahanya yang gigih dan bimbingannya yang bijaksana, maka dua muridnya cepat meningkatkan kinerja pelajaran dan karakter cepat mereka. Dengan demikian, Wenliang sangat dihormati oleh pengawal.
 
Waktu cepat berlalu, satu tahun kemudian pada suatu malam, Wenliang terbangun oleh orang yang mengetuk pintu. Setelah mendengarkannya dengan hati-hati, ia bertanya, "Apakah ada orang di sana?" Jawabnya ada, tapi orang itu terus mengetuk.
 
Wenliang menjadi bingung. Dia lalu bergegas untuk berpakaian dan dengan hati-hati berjalan ke jendela untuk melihat siapa di luar yang mengetuk pintu. Yang mengejutkannya, ia melihat seorang wanita muda yang sangat cantik mengetuk pintu. Wanita itu tampak begitu cantik seperti peri di bawah sinar bulan.
 
Wenliang bertanya keras, "Tolong beritahu saya, apa yang terjadi? Atau aku akan memanggil orang-orang kemari." Wanita cantik itu dengan suaranya yang manis tapi kelihatan gugup menjawab, "Tidak, jangan. Saya bukan orang jahat, Aku adalah putri dari pengawal. Silahkan buka pintunya."

Mendengar hal itu, Wenliang semakin bingung dan bertanya padanya dengan lembut," Oh, aku minta maaf ? Namun mengapa Anda datang ke sini begitu larut malam."

Wanita muda itu dengan malu-malu berkata, " Tuan Yu, sejujurnya saya ... Saya sangat terkesan dengan pengetahuan Anda dan penampilan Anda yang sopan juga tampan ... aku telah jatuh cinta dengan Anda ... tapi aku tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan perasaan saya pada Anda ... "
 
Wenliang memotong pembicaraan wanita muda itu sebelum dia selesai bicara, "Nona, aku minta maaf tapi seorang pria lajang dan wanita tidak bisa berada di sebuah ruangan di malam hari ! Silakan jaga perilaku Anda dan silahkan kembali !

Tapi Wanita itu tidak menyerah, malah mengetuk pintu lebih keras. Wenliang menjadi begitu marah sehingga ia berteriak, "Bagaimana Anda begitu berani ! Jika Anda masih tidak akan pergi, maka saya akan memanggil orang lain ! 

Akhirnya ketukan itu berakhir. Ketika Wenliang melihat dari jendela, ia melihat wanita muda itu telah pergi meninggalkannya. Setelah itu, dia sedikit lega namun ia tidak bisa tertidur. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk meninggalkan tempat itu agar tidak menimbulkan masalah.
 
Keesokan paginya, ia bergegas untuk mengucapkan selamat tinggal kepada pengawal. Dalam rangka untuk melindungi reputasi wanita muda itu, ia menjelaskan bahwa sesuatu yang sangat penting telah terjadi dalam keluarganya dan dia harus segera cepat pulang. Dia berterima kasih kepada pengawal atas kebaikannya. Pengawal tidak punya pilihan lain selain merelakannya melanjutkan perjalanan.
 
Kemudian, ia bertemu teman baiknya Liu Bowen yang pandai meramalkan tentang keberuntungan. Liu Bowen bertanya padanya dengan heran, "Apa keutamaan besar yang telah Anda lakukan? Sekarang Anda telah mengubah nasib Anda. Selamat ! Anda akan mendapatkan ketenaran dan keberuntungan besar tahun depan. 

"Berkat apa?" Wenliang masih tidak mengatakan yang sebenarnya, tetapi mengatakan, "Ya, aku tidak melakukan sesuatu yang besar, juga saya tidak berani bermimpi bahwa saya akan berhasil dalam ujian kekaisaran !. Jadi tolong jangan mengejekku."

Liu Bowen berkata dengan serius," Saudaraku, jangan menyembunyikannya dari saya. Sekarang saya telah meramalkan apa yang akan terjadi pada Anda. Namun saya tidak akan mengatakan apa-apa, seperti yang Anda inginkan "Lalu ia tertawa dan berbicara tentang kebajikan besar Wenliang itu.
 
Tahun berikutnya, pengadilan mengadakan ujian nasional kekaisaran. Wenliang adalah salah satu pesertanya. Sejak saat itu, ia benar-benar mengubah nasib buruknya sebagai guru. Kemudian, ia dipromosikan sebagai pejabat dan menjadi terkenal karena kebenarannya dan tidak korupsi.

Dikemudian hari, keturunan generasinya juga diuntungkan dari kebajikannya yang besar. Dan semua kesuksesannya bisa dikaitkan dengan kebajikan yang besar, seperti kebenaran, tidak bersalah dan melindungi reputasi lain.
 
Hal ini dapat diringkas dalam sebuah puisi :
 
Menjaga bersalah dan melindungi reputasi lain, masa depan yang cerah sedang menunggu. Keutamaan besar pria sejati membawanya berkat-berkat besar.
 
Kami menyarankan wanita dan pria dengan hikmat dalam dunia materi ini, harap pikirkan dan jaga perilaku Anda. Tuhan memberkati pria yang berkebajikan besar dan generasi mereka dengan masa depan yang cerah ! [Ernawati H / Medan] Sumber: Kebajikan

***

Ingat ! Anda juga bebas mengirim artikel-artikel "berita, internasional, budaya, kehidupan, kesehatan, iptek & kisah" ke dalam blog ini melalui email: tionghoanews@yahoo.co.id

Mari kita bersama-sama dukung blog Tionghoanews.com dengan cara membagikan (share) ke dalam halaman facebook, twitter & google+ anda.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA