BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 29 Februari 2012

ZAMAN DAHULU ORANG MENYIMPAN MINUMAN

Sebelum benda bernama botol ditemukan, dimanakah orang zaman dulu menaruh minuman? Jawabnya adalah di Labu. Berikut adalah kisahnya.

Tokoh Legenda dari Tiongkok sering digambarkan membawa labu. Seorang dokter menggunakan labu ketika merawat pasiennya. Tieguai Li, salah satu dari Delapan Dewa selalu menjinjing labu emas dipundaknya, dan Gong Ji, tidak pernah membiarkan labu anggur beranjak dari sisinya.

Lu Zhishen, tokoh  yang membintangi pertunjukan Shen Yun Performing Arts 2011, memiliki sebuah labu yang diikat di pinggulnya. Demikian juga Chang'e, yang ditampilkan dalam Shen Yun Performing Arts 2007, setelah minum ramuan ajaib dari sebuah labu terbang ke bulan.

Labu dan melon adalah jenis tanaman merambat dari keluarga Cucurbitaceous. Daging  labu segar dan lembut ditutupi oleh kulit hijau dan dikonsumsi sebagai sayuran. Labu matang memiliki warna kuning keemasan.

Orang di masa lampau menggunakan labu sebagai botol untuk menyimpan bubuk tembakau dan vas bunga. Labu juga digunakan sebagai tempat air, obat dan minuman keras. Labu yang difungsikan sebagai botol mampu menjaga rasa anggur dalam jangka waktu yang lama tetap nikmat. Buku kedokteran kuno telah mencatat bahwa anggur yang disimpan didalam labu bisa meredakan peradangan, memperjelas penglihatan dan membantu pencernaan.

Menurut feng shui, labu diyakini mampu mengusir roh jahat.  Orang Tionghoa mengatakan labu 'hulu' berarti 'melindungi' dan 'nasib baik'.  Mungkin ini menjadi alasan mengapa orang jaman dulu menganggap labu membawa keberuntungan, menggantungnya diatas pintu untuk mengusir  roh jahat. [Renata Koh / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA