BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 04 Maret 2012

KISAH TENTANG DEWA DAPUR

Kebudayaan tradisional Tiongkok adalah budaya yang diinspirasikan dengan sempurna oleh Dewa dan dipuja oleh manusia selama lima ribu tahun. Dalam legenda Dewa Dapur, dikisahkan bahwa Dewa Dapur dikirim dari Surga ke Bumi oleh Kaisar Langit. Dewa Dapur bertugas untuk memantau perilaku dan merekam perbuatan  manusia sehari-hari yang baik maupun buruk.

Dalam legenda Dewa Dapur, dikisahkan bahwa Dewa Dapur dikirim dari Surga ke Bumi oleh Kaisar Langit. Dewa Dapur bertugas untuk memantau perilaku dan merekam perbuatan  manusia sehari-hari yang baik maupun buruk.

Tanggal 23 Desember Kalender Lunar disebut juga "Hari Dewa Dapur", dimana Dewa Dapur akan melapor kepada Kaisar Langit. Oleh karena itu setiap rumah tangga membuat upacara persembahan kepada Dewa Dapur.  Seperti kata pepatah, "Ketika Dewa Dapur menyebarkan kata-kata yang baik di Surga, Bumi menjadi damai". Istilah ini sudah tersebar luas diantara orang Tiongkok.

Pada masa Dinasti Ming, ada seorang guru bernama Yu Du. Dia adalah seorang cendikia muda dan lulus ujian pegawai negeri tingkat pertama pada usia 17 tahun. Dia dan beberapa temannya mendirikan sebuah sekolah. Dalam beberapa tahun, dia juga sudah tujuh kali mencoba untuk ikut ujian tingkat tinggi untuk menjadi pegawai negri, tetapi gagal.

Yu memiliki lima orang anak laki-laki dan empat anak perempuan. Empat anak laki-lakinya meninggal di usia muda karena sakit, tetapi anak ketiganya sehat dan cerdas. Namun, ketika anak ini berusia delapan tahun, ia hilang saat bermain di luar. Hanya satu dari anak perempuannya yang selamat. Istri Yu sangat sedih dan terus menangis hingga akhirnya menjadi buta. Yu terpaksa menutup sekolahnya karena kekurangan murid.

Dikisahkan, dia mengalami kesulitan keuangan dan masalah pada keluarganya, sehingga ia merenung "Saya tidak membuat kesalahan besar dalam hidup saya, tapi mengapa saya dihukum seberat ini?".

Setiap hari Yu menulis kepada Dewa Dapur dan meminta untuk meneruskan pesannya kepada Kaisar Langit. Selang beberapa tahun kemudian, kehidupan masih belum ada perubahan. Ketika ia berusia 47 tahun, ia bahkan harus meminjam beras dari tetangganya untuk dimakan bersama keluarga di Malam Tahun Baru.

Suatu ketika ia mendengar seorang pria mengetuk pintu rumahnya.  Pria itu adalah seorang laki-laki tua. Sang kakek itu berkata: "Saya mendengar bahwa Anda sangat sedih dan khawatir dengan kehidupan Anda. Saya datang ingin menghibur Anda.  Mr. Yu berkata kepada sang kakek : "Saya belajar sepanjang hidup, tetapi saya belum mendapatkan apapun. Saya bahkan tidak bisa membiayai keluarga saya."

Sang kakek berkata : "Aku mengenalmu cukup lama! Pikiran Anda mengandung nafsu dan niat buruk. Anda menulis surat kepada Kaisar langit penuh dengan keluhan. Hukuman Anda masih lama!". Mendengar perkataan itu Yu terkejut dan berkata, "Saya telah berjanji untuk berbuat baik selamanya, bagaimana bisa Anda mengatakan bahwa pikiran saya mengandung nafsu?. 

Mendengar perkataan tersebut Kakek tua itu berkata, "Ambil contoh misalnya menghargai kertas. Teman-teman dan muridmu sering menggunakan buku-buku lama untuk membungkus sesuatu atau membersihkan meja, tetapi anda tidak pernah melarangnya. Anda mengambil beberapa halaman di jalan dan membakarnya dirumah untuk menunjukkan pada orang lain. Anda suka berdebat, hati Anda penuh dengan kecemburuan, ketidakadilan dan kata-kata yang tajam dan penuh dengan arti. Anda berharap mendapat keuntungan atas segala apapun yang anda lakukan. Meskipun Anda belum pernah berselingkuh dengan seorang wanita, Anda menatap setiap wanita yang menarik dengan nafsu di dalam hati. Semua pikiran buruk Anda juga telah terekam. Anda bahkan tidak bisa menghindari kesulitan di depan Anda namun Anda berharap berkah Dewa."

Setelah mendengar kata-kata Dewa Dapur, Mr. Yu ketakutan dan menangis : "Anda pasti Dewa Dapur, Anda tahu apa yang saya lakukan. Kasihani dan bantu saya!". Orang tua itu berkata : "Anda mempelajari banyak buku selama bertahun-tahun, tentunya Anda memahami prinsip melakukan perbuatan baik untuk kebahagiaan. Karena Anda tidak tekun, semua perbuatan baik dan kata-kata baik Anda hanyalah di permukaan. Mengapa Anda tidak melakukan sesuatu dengan  sungguh-sungguh, tidak mengharapkan imbalan dan melepas keuntungan dan ketenaran. Tidak memandang  perbuatan baik itu besar atau kecil, tetapi  hanya melakukan. Seiring dengan waktu berjalan, Anda akan melihat hasilnya. Selama Anda melakukan perbuatan baik dengan tergesa-gesa, kemungkinan Anda mengubah keputusan Langit!". Setelah mengatakan hal tersebut, kakek tua itu berjalan mendekati kompor dan menghilang.

Setelah hari itu Yu benar-benar merubah dirinya dan sedikit demi sedikit memperbaiki pemahamannya, ia akan melakukan yang terbaik untuk orang lain. Tiga tahun kemudian, Mr Yu mendapat pekerjaan mengajar di istana.

Selama di istana, Perdana Menteri sangat menghormatinya dan terus menerus mempromosikannya. Akhirnya, tanpa disengaja dia menemukan anaknya yang telah hilang, hal ini membawa kebahagiaan besar pada istrinya sehingga penglihatan istrinya kembali normal. Karena sifatnya yang mulia, orang-orang sangat menghormatinya dan mengirimkan anak-anak mereka untuk belajar kepadanya.

Kisah Yu dan Dewa Dapur menceritakan bahwa keberuntungan dan kesengsaraan dalam kehidupan ini  memiliki hubungan langsung dengan karakter kita. "Perbuatan baik akan mendatangkan kebaikan dan perbuatan jahat akan mendatangkan kejahatan", ini adalah prinsip dari Langit.

Seperti kata pepatah : "Sekali Anda memiliki keinginan di dalam hati, Langit dan Bumi tahu akan hal itu." [Amanda Lim / Makassar]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA