BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 18 Januari 2012

NABI KONGHUCU (17): TENTANG RAJA MUDA BOK DARI NEGERI CHIEN

Ketika Nabi berusia 30 tahun, Cee King Kong, raja muda negeri Cee dan perdana menterinya, Yan Ing atau Yan Ping Tiong, berkunjung ke negeri Lo. Kepada Nabi ia bertanya, mengapa Chien Bok Kong, raja muda negeri Chien itu meski negerinya kecil dan terletak di daerah perbatasan Barat, diakui sebagai salah seorang Raja Muda Pemimpin.
 
Nabi menjelaskan, biarpun negeri Chien itu kecil, terletak jauh dari pusat dan negeri-negeri lain yang besar, tetapi Chien Bok Kong mampu membina rakyatnya sehingga mempunyai keberanian dan cinta kepada tanah air dan dapat diselenggarakan pemerintahan adil, bersih dan sejahtera; orang-orang yang bijaksana dan luhur budi mendapat kedudukan dan memangku jabatan, nasehat-nasehat dan kritik-kritik yang membangun diindahkan dan dijalankan, karena itulah maka negeri Chien mendapatkan kedudukan sejajar dengan negeri-negeri besar.
 
Chien Bok Kong berkata, "Kami ingin mendapatkan seorang menteri yang jujur dan tidak bermuslihat. Yakni, yang sabar hati dan siap menerima segala hal yang berfaedah." [Bersambung]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA