BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 15 Januari 2011

KUDA EMAS DAN NAGA API

Ada pernah tinggal seorang tuan tanah yang mencintai uang sebagai ia mencintai hidupnya sendiri. Dalam mata uang logam terkecil sepertinya besar sebagai sebuah batu kisaran. Dia selalu mencari untuk beberapa cara baru untuk membuat uang dan sangat berarti untuk petani penyewa nya. Mereka semua memanggilnya "orang kikir."

Satu tahun mantra panjang kekeringan menghancurkan wilayah tersebut, merusak seluruh tanaman. Para petani, yang digunakan untuk hidup dari tahun ke tahun, dan tidak pernah memiliki cadangan biji-bijian untuk jatuh kembali, dikurangi menjadi makan kulit dan akar untuk bertahan hidup, dan sekarang bahkan ini semua dikonsumsi.

Kelaparan mengantar mereka untuk meminta pinjaman gandum dari orang kikir, yang lumbung, besar dan kecil, yang penuh sesak. Meskipun gandum itu tumbuh dan tepung itu dipenuhi dengan belatung, ia adalah seperti kikir bahwa ia tidak akan berpisah dengan setitik tunggal baik. petani-Nya pergi mendidih dengan kemarahan dan kebencian, dan memutuskan untuk menemukan beberapa cara untuk memberinya pelajaran.

Mereka meletakkan kepala mereka bersama-sama dan datang dengan agak rencana yang baik. Mereka mengumpulkan bersama-sama beberapa ingot perak kecil dan juga berhasil mendapatkan kuda agak kurus. Mereka menjejalkan perak di belakang kuda dan tertutup rapat itu dengan segumpal benang kapas. Kemudian mereka memilih satu dari mereka, seorang petani yang karunia mengobrol telah membuatnya mendapatkan julukan "Bigmouth" dan yang telah dikreditkan dengan kekuatan berbicara keluar mati dari kuburan mereka. Mereka mengirimnya ke orang kikir dengan kuda. Melihat mereka masuk, orang kikir marahlah. kumis Nya berbulu.

Dia melotot pada Bigmouth, menunjuk dia marah dan berteriak, "Kau sialan bodoh Anda telah mengotori halaman saya cukup.! Dapatkan dari hadapan saya!"

"Harap simpan suara Anda ke bawah, Guru," kata Bigmouth dengan senyum licik. "Jika Anda menakut-nakuti kuda saya dan membuat dia baut, Anda harus menjual segala sesuatu yang Anda harus membuat kerusakan baik."

"Ada kau pergi, Bigmouth, membual lagi!" kata orang kikir. "Apa yang bisa ini kuda kecil kurus dari Anda mungkin bernilai?"

Untuk yang Bigmouth menjawab, "Oh, apa-apa, kecuali bahwa ketika ia bergerak perut perak dan emas keluar."

Dalam kemarahan yang kikir instan menguap dan dia bergegas untuk bertanya, "Dari mana Anda mendapatkan binatang ini?"

"Aku bermimpi mimpi malam yang lalu," mulai Bigmouth. "Saya bertemu dengan seorang pria tua berjenggot putih yang mengatakan kepada saya, 'Bigmouth, para kuda yang digunakan untuk membawa ingot emas dan perak untuk Allah Kekayaan telah diturunkan dan dikirim turun ke bumi Pergi ke timur laut. Dan menangkapnya. Ketika ia bergerak isi perutnya, perak dan emas keluar Jika Anda menangkapnya, Anda akan menghasilkan banyak uang.. " Kemudian orang tua memberi saya dorongan dan saya terbangun. Saya tidak menganggapnya serius, berpikir itu menjadi apa-apa kecuali mimpi saya berbalik. Atas dan jatuh tertidur lagi. Namun, begitu aku memejamkan mata saya, yang lama manusia muncul kembali dan mendesak aku untuk bergegas 'Kuda itu akan jatuh ke tangan orang lain jika Anda menunda!'. katanya, dan memberi saya mendorong lain yang membuat saya terbangun lagi saya mengenakan pakaian saya dan berlari keluar.. Di timur laut itu saya melihat bola api. Ketika aku berlari di atas, cukup yakin, ada kuda, merumput puas. Jadi Aku membawanya pulang. Pada hari berikutnya, saya mendirikan sebuah pedupaan dan begitu aku menyalakan dupa, kuda itu mulai memproduksi ingot perak dari belakang nya. "

"Apakah itu benar-benar?" tanya orang kikir penuh semangat.

Bigmouth menjawab, "Ada pepatah lama yang mengatakan, 'adalah The bukti puding di makan." Jika Anda tidak percaya padaku, izinkan saya untuk mengatur demonstrasi. "

Dia meminta orang kikir untuk membuat burner dan cahaya dupa. Sementara itu, ia sendiri mengadakan piring bawah belakang kuda. Dia diam-diam mengeluarkan gumpalan kapas dan ingot perak kecil jatuh gemerincing ke piring. Pada melihat kuda melakukan seperti ini, orang kikir gemar bertanya, "Berapa dia menghasilkan sehari?"

"Tiga atau empat tail hari untuk rakyat kita kurang beruntung," jawab Bigmouth. "Tetapi orang tua itu dalam mimpi saya mengatakan bahwa jika ia bertemu seseorang yang sangat beruntung dia menghasilkan tiga puluh atau empat puluh."

Orang kikir berpikir, "Aku harus menjadi salah satu dari mereka. Seandainya aku mendapatkan kuda, dia terikat untuk menghasilkan setidaknya dua puluh tail sehari Artinya enam ratus tael bulan dan tujuh ribu dua ratus tael setahun.."

Semakin lama jumlah nya, semakin fonder ia tumbuh kuda. Dia memutuskan bahwa dia harus membeli dia, dan membicarakannya dengan Bigmouth.

Pada awalnya Bigmouth pura-pura tidak mau. Orang kikir mencoba lagi dan lagi untuk membujuk dia dan berjanji akan membayar harga yang ia bertanya. Pada akhirnya Bigmouth mendesah dan berkata, "Oh well, jadi keberuntungan saya ternyata lebih buruk dari Anda.. Saya akan menjual Tapi aku tidak ingin perak atau emas,. Hanya memberi saya tiga puluh gantang gandum."

Dianggap orang kikir harga sangat murah dan langsung setuju. Mereka membuat pertukaran itu juga.

Bigmouth bergegas kembali dengan gandum dan didistribusikan di antara sesama petani. Mereka semua sangat senang memilikinya. Orang kikir, karena terlibat, bahkan merasa bahagia untuk memiliki kuda, dan tidak bisa berhenti tertawa sendiri. Dia takut kehilangan kuda, bagaimanapun, dan berusaha mengikatnya dalam banyak tempat yang bagus, namun tidak satupun dari mereka tampak cukup aman. Akhirnya, ia mengikatnya di ruang tamu sendiri. Dia meletakkan karpet merah di lantai dan membentuk sebuah pedupaan. Seluruh keluarga menonton kuda di antisipasi bersemangat, berharap dia sebentar lagi untuk mulai memproduksi perak dan emas.

Mereka menunggu sampai tengah malam. Tiba-tiba kuda itu membuka kaki belakangnya. Orang kikir merasa bahwa ia akan "menghasilkan." Dia segera membawa lebih dari satu nampan berpernis dan memegangnya tepat di bawah belakang kuda. Dia menunggu untuk usia, tapi tidak ada yang terjadi. Orang kikir sangat cemas sekarang bahwa ia mengangkat ekor kuda, membungkuk dan mengintip ke atas untuk mengawasi perkembangan lebih lanjut. Ada tiba-tiba "splash," dan sebelum orang kikir bisa berbuat apa-apa, kuda itu berhamburan ke seluruh wajahnya. The "emas cair" lari ke belakang kepalanya dan ke bawah lehernya, menutupi seluruh tubuhnya. bau busuk itu begitu buruk bahwa orang kikir mulai melompat dan berteriak dan kemudian merasa mual dan mulai muntah lagi dan lagi. Berikutnya kuda buang air kecil dalam jumlah besar, merusak karpet merah indah. Seluruh ruangan stunk ke surga yang tinggi. Orang kikir menyadari bahwa ia telah ditipu, dan dalam fit dari marah, ia membunuh kuda.

Keesokan paginya, hal pertama, dia mengirim beberapa preman nya disewa untuk melacak Bigmouth. Tetapi petani sudah disembunyikan dia pergi. orang kikir's pencarian untuk dia tinggi dan rendah namun selalu kembali dengan tangan kosong, untuk kemarahan dan putus asa. Tidak ada yang bisa ia lakukan kecuali mengirim mata-mata dan menunggu.

Dalam sekejap mata, itu adalah musim dingin. Suatu hari Bigmouth gagal untuk menyembunyikan dengan baik dan ditangkap oleh salah satu anak buah kikir's. Ketika ia datang berhadapan dengan musuh-Nya, orang kikir mengertakkan giginya dengan marah dan tanpa mengucapkan sepatah kata pun, telah Bigmouth terkunci di pabrik nya. Dia telah dia dilucuti semua pakaiannya empuk dan meninggalkan dia dengan apa-apa kecuali kemeja katun, berharap untuk membekukan sampai mati. Ini adalah musim yang sangat terdingin tahun. Di luar, salju turun dan angin bertiup pahit. Bigmouth duduk meringkuk di sudut, gemetar kedinginan. Seperti dingin itu menjadi tak tertahankan, ide tiba-tiba terlintas dalam benaknya. Dia berdiri sekaligus, menghela batu kisaran up dari tanah dan mulai berjalan bolak-balik dengan itu dalam pelukannya. Dia segera menghangat dan mulai berkeringat. Dia melewati sepanjang malam dengan cara ini, berjalan-jalan dengan batu kisaran dan sesekali berhenti untuk beristirahat.

Pagi-pagi orang kikir berikutnya berpikir Bigmouth pasti harus mati. Tapi ketika ia membuka pintu pabrik, untuk kejutan besar, ia menemukan Bigmouth berjongkok sana dalam halo uap, seluruh tubuhnya dalam kotoran keringat. Bigmouth berdiri sekaligus dan memohon kepadanya, "Guru, kasihan pada saya Cepat,! Pinjami saya fan! Atau aku akan mati panas!"

"Kenapa kau begitu panas?" tanya orang kikir tercengang.

"Ini baju saya adalah pusaka tak ternilai harganya," jelas Bigmouth. "Ini disebut Fire Dragon Shirt dingin itu cuaca., Semakin besar panas yang mengeluarkan."

"Kapan kau mendapatkan itu?"

"Awalnya adalah melempari membuang oleh Tuhan Fire Dragon Kemudian Ratu Surga Barat merajut ke kemeja Kemudian entah bagaimana jatuh menjadi milik nenek moyang saya dan. Menjadi pusaka keluarga.. Telah diturunkan dari generasi ke generasi sampai akhirnya ia datang ke tangan saya. "

Melihat bagaimana ia sangat panas, orang kikir menelan seluruh cerita. Dia sekarang ditetapkan pada terus mendapatkan ini Fire Dragon Shirt dan telah benar-benar lupa episode dari kuda emas. Dia bersikeras barter rubah-gaun bulunya untuk kemeja. Bigmouth benar-benar menolak pada awalnya, tapi ketika orang kikir ditambahkan lima puluh tail perak untuk harga, katanya dengan menghela napas, "Alas, apa anak saya tidak berharga, telah kehilangan pusaka berharga sehingga keluarga saya!"

Setelah mengatakan ini, dia menanggalkan kemejanya dan mengenakan gaun bulu rubah-orang kikir's. Lalu ia mengantongi lima puluh tail perak dan melangkah pergi.

orang kikir's sukacita tidak mengenal batas. Beberapa hari kemudian ulang tahun ayah mertuanya datang bulat. Dalam rangka untuk memamerkan akuisisi baru, ia pergi ke ulang tahunnya menyampaikan salam mengenakan apa-apa tetapi Api Dragon Shirt. Di tengah perjalanan, angin sengit datang dan salju mulai turun. Orang kikir merasa tak tertahankan dingin. Tempat itu jauh dari desa atau penginapan, dan tidak ada tempat berlindung dari apapun dapat ditemukan. Dia melirik bahunya dan melihat sebuah pohon di pinggir jalan, setengah dari yang telah terbakar jauh di api. Saat itu berongga di tengah dan ruang cukup luas bagi seseorang untuk berdiri kikir bergegas masuk dan bersembunyi di dalamnya. Tak lama kemudian seluruh tubuhnya menjadi kaku karena dingin, dan segera dia meninggal.

Beberapa hari kemudian keluarga itu menemukan tubuhnya. Mereka tahu bahwa ia telah ditipu lagi oleh Bigmouth, dan mengutus orang untuk menangkapnya.

"Shirt berharga saya membakar setiap kali datang ke dalam kontak dengan ranting, rumput atau kayu," jelas Bigmouth. "Master harus telah dibakar sampai mati dengan cara ini saya tidak menyalahkan.. Aku tidak pernah menyuruhnya untuk bersembunyi di dalam pohon. Jika Anda melihat, Anda akan melihat bahwa separuh dari pohon telah terbakar jauh."

Ketika keluarga memeriksa pohon dan melihat bahwa semuanya itu memang seperti Bigmouth telah dijelaskan, mereka tidak punya pilihan selain untuk membebaskannya. [Yinnihuaren/Ing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA