BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 10 Agustus 2012

JASA BESAR XIAO HE

Kaisar Dynasty Han Liu Bang berkata bahwa semua anak buahnya memainkan peran penting. Namun, menurutnya, Xiao He (萧何) adalah yang paling menonjol.

Suatu ketika saat dinasti Qin runtuh, Tiongkok dalam  pemberontakan heroik. Liu Bang memimpin dan menyerang Kota Xianyang. Semua orang berebutan ke gudang pemerintah, merampok emas dan sutera. Hanya Xiao He yang menyimpan dokumen tentang hukum, atlas geografis, dan dokumen pendaftaran kependudukan.

Liu Bang dan Xiang Yu kemudian bersaing untuk memperebutkan daratan Tiongkok. Dari dokumen yang diselamatkan Xiao He, Liu Bang dapat mengetahui secara rinci pengaturan penduduk, jumlah penduduk dan janda, berbagai hasil produksi daerah berikut keunggulan dan kelemahannya, mendapatkan semua rahasia Tiongkok.

Han Xin adalah seorang  yang  berbakat, tapi selalu tidak dipandang mata oleh Liu Bang. Setelah Xiao He tahu Han Xin kabur, Xiao He mengejar Han Xin semalaman untuk mengajak dia kembali. Atas saran Xiao He, Liu Bang mengangkat Han Xin jadi Panglima Besar, sejak itu Liu Bang selalu menang, dan akhirnya juga memenangkan perang  dengan Xiang Yu yang kuat.

Dunia telah damai, Liu Bang memberi hadiah kepada pejabat berjasa dan hadiah untuk Xiao He paling banyak. Sekelompok pejabat lain tidak terima, dan berkata, "Kami berpakaian militer, mempertaruhkan hidup atau mati, ikut dalam berbagai peperangan, baru negara bisa sukses begini. Xiao He tidak pernah ke garis depan,cuma di belakang meja menulis mengapa diberi hadiah melebihi kami?"

Liu Bang pun menjelaskan, "Saat berburu, mengejar buruan pasti ada jasa, tapi orang yang tahu buruan ada dimana, jasanya lebih besar, kalian tidak bisa dibandingkan dengan Xiao He". [Natalia Lim / Cirebon]

.
Murah amat !!!
[IMPORT BORONGAN DARI SINGAPORE TO JABODETABEK RP.45.000 PER KG]
Kontak Telp: 021-26264750 Fax: 021-26264760 Hp.0856-755-0123, 0812-9855-8800 Email: pttci@yahoo.co.id
.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA