BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 08 Mei 2011

XI YOU JI, CERITA YANG JADI LEGENDA

Sebenarnya jauh sebelum Wu Cheng En (1504-1582) mengarang Xi You ji telah ada banyak kisah Tang SanZhang atau Xuan Zhang yang berbau mitologi atau dongeng.

Kisah XuanZhang itu ada di kitab "Da Tang Xi Yi Ji" yang dibuat oleh murid-murid Xuan Zhang. Isinya mengenai geografis, agama-agama, tokoh-tokoh daerah Xi Yi yang membuka suatu wawasan baru dan pengetahuan baru. Isi kitab itu masih jauh dari kisah dewa dewi.

Kemudian murid lainnya yaitu Hui Li dan Yen Zhong Xian mengarang kitab "Da Tang Da Ce En Si San Zhang Fa Shi Zhuan". Disitu baru masuk unsur-unsur cerita kesaktian dan dongeng. Kitab ini yang memicu cerita-cerita kisah dewa dewi.

Dimasa dinasti Song, terbit satu buku berjudul "Da Tang San Zhang Qi Jing Se Hua". Buku ini sudah menggunakan sistem cetak massal. Buku itu terdiri tiga bagian dimana isinya menceritakan perjalanan Tang SanZhang (XuanZhang) bersama 6 org yang mengalami gangguan dari para siluman.

Isi buku itu sendiri menceritakan bagaimana hebatnya bodhisatva, buddha dharma yang tiada banding, bisa mengatasi kesialan / malang menjadi suatu bentuk keberuntungan atau nasib baik.

Buku ini menceritakan salah satu tokoh utama yang akan menjadi Sun GoKong pada kisah XiYou Ji. Nama tokoh itu adalah Bai Yi Xiu Cai atau sarjana / pelajar berbaju putih. Bai Yi itu diceritakan begitu hebat dan bisa mengalahkan banyak siluman. Selain itu ada juga kisah Sa HoSang (bhiksu SA) atau Sa Ceng (hokian). Tapi belum ada Cu Patkai dibuku itu.

Pada masa dinasti Yuan telah ada buku yang berjudul "Tang Sheng Qi Jing Zhen". Buku itu sudah tidak ada lagi sekarang ini. Tapi isi buku itu sudah menceritakan Sun Gokong, Tong Sam Cong, Sa Ceng dan Cu Patkay. Hal ini bisa dicari jejaknya pada Yong Le Da Dien dan buku dari Korea mengenai pelajaran bahasa Han.

Selain itu juga ada opera-opera, misalnya karangan Wu ChangLing (Tang San Zhang Xi Tian Qi Jing) yang sekarang telah tidak ada lagi catatannya secara lengkap dan utuh. Opera-opera itu juga menceritakan kisah kelahiran Xuan Zhang, menaklukkan Sun XingZhi (Sun GoKong).

Ada legenda yang mengatakan bahwa pengarang Xi YouJi itu adalah Qiu CuJi (sesepuh QuanZhen) yang dibantah ramai-ramai oleh para pakar sejarah dan sastra klasik.

Dan memang kisah Xi You Ji itu nantinya akan mempengaruhi timbulnya cerita dewa dewi. Misalnya Feng ShenBang, Bei You Ji (Zhen Wu DaDi), Nan You Ji (HuaGuang DaDi), Dong You Ji (Ba Xian), kisah Zheng Ho (San Bao Tai Jian Xi Yang Ji Tong Su Yuan Yi) dll.

Yang jelas kisah Xi YouJi itu menjadi menarik dan selalu dibahas dalam banyak makalah.

Yang jelas adalah Xi YouJi buatan ABC (TV Australia) yang  menghina. Masak Confucius  digambarkan sebagai orang yang licik, jahat, Erl Lang Shen bagaikan setan, Guan Yin yang bisa diraba-raba sama orang kulit putih, dan bukan Tong Sam Cong tapi bertujuan menyelamatkan Wu Cheng En. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Disalin oleh: Chen Mei Ing - Jakarta

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA