BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 13 Mei 2012

ADAT PEMAKAMAN TRADISIONAL CHINA (2)

Penguburan orang mati selalu menjadi masalah yang sangat serius di masyarakat China. Pemakaman yang tidak benar diyakini menyebabkan nasib buruk untuk keluarga yang ditinggalkan.

* Upacara Pemakaman

Ketika upacara doa selama berkabung dari pelayat mencapai puncak dan peti mati dipaku rapat. Penyegelan tersebut merupakan pemisahan dari mati dengan yang hidup. Kertas 'suci' kuning dan putih  disisipkan di peti mati untuk melindungi tubuh yang sedang terganggu oleh roh ganas.

Selama penyegelan peti mati semua yang hadir berpaling dari peti mati, melihat sebuah peti mati yang disegel dianggap tidak beruntung. Peti mati itu kemudian dibawa (dengan kepala almarhum menghadap ke depan) dari rumah (oleh pengusung jenazah dianggap melimpahkan berkat dari almarhum pada pembawa, sehingga biasanya ada banyak relawan) dengan menggunakan sepotong kayu yang diikat diatas peti mati.

Peti mati tidak dibawa langsung ke kuburan tetapi pertama ditempatkan pada sisi jalan di luar rumah, di mana lebih banyak doa-doa dikumandangkan dan kertas disebarkan. Peti mati ditempatkan di mobil jenazah, yang bergerak perlahan sepanjang satu mil, dengan anak tertua dan anggota keluarga mengikuti di belakang dengan kepala mereka menyentuh mobil jenazah. Jika ada banyak kerabat, sepotong kain putih diikatkan di mobil jenazah kepada anggota keluarga di belakang. Perintah Prosesi berikut di pemakaman urutan status dalam keluarga.

Sepotong kain putih terikat pada kendaraan yang menyertai mobil jenazah, atau sepotong kertas putih dapat disisipkan pada kaca depan mereka. Putra tertua biasanya duduk di samping peti mati. Sebuah tongkat, kertas menyala ditaruh di sepanjang perjalanan, melambangkan jiwa yang meninggal, dan memulai perjalanan.

Model kertas seperti mobil, patung kapal dll dibawa saat prosesi melambangkan kekayaan keluarga yang meninggal. Jika prosesi perlu menyeberangi air, harus menginformasikan kepada almarhum bahwa arak-arakan ini untuk menyeberangkan, karena diyakini bahwa jika tidak diinformasikan, jiwa orang mati tidak akan mampu melintasi air.

* Pemakaman

Kuburan China umumnya terletak di lereng bukit karena hal ini diduga untuk meningkatkan feng shui. Lebih tinggi bukit kuburan, situasi dianggap semakin baik.

Ketika prosesi tiba di makam peti diturunkan dari mobil jenazah dan, sekali lagi, semua yang hadir berpaling dari peti mati, dan juga pergi jauh bila diturunkan ke dalam kubur. Anggota keluarga dan kerabat lainnya melempar segenggam tanah ke dalam kubur sebelum ditimbun. Setelah pemakaman, semua pakaian yang dikenakan oleh para pelayat akan dibakar untuk menghindari nasib buruk yang terkait dengan kematian.

Setelah peti jenazah dikubur, penjaga kuburan juga akan menawarkan doa untuk almarhum. Anggota keluarga dan kerabat menyajikan paket merah (tanda terima kasih dari keluarga almarhum, dan uang di dalamnya harus dikeluarkan) dan handuk putih, juga sebagai tanda terima kasih tetapi juga untuk para tamu pemakaman untuk menghapus keringat.

Pada saat itu, putra tertua dari almarhum akan mengambil beberapa tanah dari kubur untuk ditaruh di mangkuk dupa, dan keluarga di rumah menggunakan meja leluhur  akan menyembah almarhum.

* Masa Berkabung

Meskipun upacara pemakaman sekarang selesai, periode berkabung keluarga berlangsung selama seratus hari. Sepotong kain berwarna dikenakan pada lengan masing-masing anggota keluarga selama seratus hari untuk menandakan berkabung: hitam oleh anak-anak almarhum, biru oleh cucu dan hijau oleh cicit.

Keluarga yang lebih tradisional akan memakai kain-kain ini sampai 3 tahun. Masa berkabung tidak diharapkan jika anak meninggal, dan seorang suami tidak dipaksa untuk berkabung atas meninggalnya istri.

* Kembalinya Almarhum

Kepercayaan Tiongkok menyatakan bahwa tujuh hari setelah kematian anggota keluarga jiwa yang meninggal akan kembali ke rumah mereka. Sebuah plakat merah dengan Prasasti yang sesuai dapat ditempatkan di luar rumah pada saat ini untuk memastikan jiwa tidak tersesat.

Pada hari kembalinya jiwa, anggota keluarga diharapkan untuk tetap di kamar mereka. Tepung atau bedak dapat sebarkan di lantai dari pintu masuk rumah untuk mendeteksi kunjungan almarhum.

* Tradisi lenyap sejak pemerintahan komunis

Kremasi di Cina dengan cepat mendekati tingkat yang sama popularitas dalam beberapa dekade terakhir di seluruh dunia. Statistik terbaru menunjukkan bahwa hampir 46 persen kematian Tiongkok dikremasi.

Kebiasaan ini meningkat dari sekitar 15 persen pada pertengahan abad ke-20. Tapi, untuk mendukung kremasi, jumlah di China saat ini mungkin sedikit mengecewakan. Di kebanyakan tempat di Tiongkok, kremasi diperlukan oleh hukum.

Di bawah pemerintahan komunis  China di tahun 1940, para pejabat dilarang melakukan
penguburan tradisional dan mengamanatkan bahwa semua kematian harus kremasi. Dalam melakukan ini, mereka mengutip semua argumen biasa dalam mendukung kremasi.

Mereka mengatakan, pemakaman di kuburan adalah pemborosan ruang, berbahaya bagi lingkungan, dan lebih mahal daripada kremasi. Dalam banyak kasus, hukum-hukum baru tidak bertentangan dengan tradisi penduduk Tiongkok adalah banyak rumah umat Buddha yang telah lama beralih ke kremasi sebagai metode pilihan mereka.

(Hal ini Penting untuk dicatat bahwa Buddha tidak secara spesifik membutuhkan kremasi, Bahkan, teks utama agama  hampir tidak pernah membahas topik ini. Bahwa dikatakan, tradisi cenderung untuk mendorong praktek kremasi.)

Namun dalam kasus lain, ada perlawanan dan menegakkan mandat kremasi terbukti sulit.
Pejabat pemerintah memutuskan tidak melawan penduduk untuk kremasi, sehingga penegakan sukarela, sampai hari ini. Pihak berwenang hanya menerbitkan literatur memuji kebajikan kremasi dan melakukan inisiatif damai lainnya dengan membujuk orang Tionghoa memilih untuk kremasi.

Hari ini di China, kematian di kota besar hampir 100 persen kremasi. Tapi di daerah pedesaan, dimana nilai-nilai konservatif, bukan aturan komunis, adalah kode pemakaman, moral - bahkan ilegal – tetap pilihan dominan.

Tradisi di pemakaman keluarga dan masyarakat tetap berlaku diseluruh pedesaan China samapai hari ini.  Meskipun persyaratan untuk kremasi, dan masih harus dilihat jika para pejabat pemerintah yang akan mengambil tindakan drastik untuk menegakkan hukum mereka terhadap pemakaman.

Sementara itu, tampaknya kremasi ini tidak diterima sebagai pilihan ideal, bahkan di antara mereka yang tinggal di kota besar dan biasanya tunduk kepada aturan. Politik perbedaan pendapat di China, bahkan pada hal-hal seperti ini, sering bertemu dengan penegakan hukum yang longgar.

Tapi, dalam hal ini, ada sedikit indikasi bahwa persyaratan kremasi mungkin tidak baik, jika hal itu dihukum yang populer memilih. "Kalau legal ketika saya mati, saya ingin dikubur, bukan dikremasi," seorang pria di kota Luizhou mengatakan kepada seorang wartawan asing.

Tidaklah mengherankan bahwa Luizhou akan melahirkan setidaknya sedikit resistensi tentang topik ini. Bahwa pada kota ini yang namanya Longevity Lane, lama dikenal sebagai tempat terbaik di China untuk membeli kayu peti mati berkualitas tinggi.

Konon, kabarnya legenda panjang umur pada peti mati Longevity Lane sangat terpelihara dengan baik bahwa peti itu akan menjaga tubuh sempurna selama enam bulan setelah kematian. Sama halnya jalan yang terkenal yang sekarang disebut Lane Evergreen, rumah untuk penghuni apartemen yang tinggal di pabrik peti mati yang telah direnovasi untuk tempat tinggal. Sedikit tanda kehidupan, jalan dalam bisnis kematian yang tetap eksis hingga hari ini. [Natalia Lim / Cirebon]

* Sumber: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA