BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 30 Desember 2011

BERDEKATAN DENGAN ORANG BERAKHLAK MULIA ADALAH SATU KEBERUNTUNGAN Keberuntungan

Qi Huang Gong adalah salah satu dari lima raja yang paling berpengaruh pada jaman Chunqiu. Beliau memiliki seorang pejabat senior yang setia bernama Guan Zhong. Seiring dengan berjalannya waktu, usia Guan Zhong tidaklah muda lagi.Sebagai seorang raja, tentunya Qi Huang Gong ingin mempersiapkan calon pengganti Guan Zhong.

Pada waktu itu Qi Huang Gong memiliki tiga orang pejabat muda kesayangan, mereka adalah Yi Ya, Kai Fang, Shu Diao. Suatu ketika Qi Huang Gong menanyakan kepada Guan Zhong mengenai apa pendapatnya tentang mereka? Kelak, siapa diantara mereka yang layak untuk menggantikan kedudukannya? Apakah Yi Ya/Kai Fang/Shu Diao?

Dalam pandangan Guan Zhong tak satupun diantara mereka yang layak untuk menggantikan kedudukannya kelak. Mereka semua adalah orang rendah budi. Guan Zhong juga menasehati Qi Huan Gong agar kelak tidak memberikan jabatan yang strategis dan vital kepada mereka.

Tak lama setelah itu Guan Zhong telah tiada, Qi Huan Gong dengan begitu cepatnya melupakan nasehat tersebut. Qi Huan Gong memberikan jabatan strategis dan vital kepada Yi Ya, Kai Fang, Shu Diao. Pada akhirnya ketiga orang tersebut berkomplot untuk menyingkirkan Qi Huan Gong.

Apa yang dapat kita pelajari dari kisah di atas? Dapat berdekatan dengan orang-orang yang berakhlak mulia adalah suatu keberuntungan bagi kita. Karena sering berdekatan dengan mereka, otomatis akhlak kita akan semakin berkembang, semakin berkurang perilaku buruk kita.

Kalau kita menjauhi orang-orang berakhlak mulia justru akan sangat merugikan. Berdekatan orang-orang rendah budi justru akan membuat kualitas pribadi kita semakin menurun. Pepatah mandarin mengatakan neng qin ren, wu xian hao.de ri jin, guo ri shao.bu qin ren, wu xian hai.xiao ren jin, bai shi huai。能亲仁,无限好。德日进,过日少。不亲仁,无限害。小人进,百事怀。

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA