BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 06 Juni 2011

NIE ER, KOMPONIS PENCIPTA LAGU KEBANGSAAN CHINA

Nie Er (1912–1935) adalah seorang komponis Tiongkok yang menggubah lagu kebangsaan Republik Rakyat Cina, Barisan Para Sukarelawan (Yiyongjun Jinxingqu)

Nie lahir di Kunming dengan nama Nie Shouxin, leluhurnya berasal dari Yuxi, provinsi Yunnan. Sejak usia dini ia sudah menunjukkan ketertarikannya pada musik. Tahun 1918, ia mulai menempuh pendidikan sekolah dasarnya di Sekolah Normal Kunming. Waktu luangnya dipakai untuk belajar bermain alat-alat musik seperti seruling, erhu, sanxuan, yueqin, dll. Dalam masa sekolah ini ia menunjukkan prestasinya dengan menjadi pemimpin orkestra anak-anak di sekolahnya. Tahun 1922, ia bersekolah di SD Qiushi kelas senior. Tahun 1925, menempuh pendidikan SMP nya di SMP Gabungan Yunnan 1.

Tahun 1927 ia lulus dari SMP itu dan melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Normal Yunnan 1. Di sana ia mengikuti kegiatan 'klub pembaca' dan bersama teman-temannya mengorganisasikan kelompok 'perkumpulan musik 99' yang sering tampil di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Selama masa ini pula ia belajar bermain biola dan piano.

Maret 1931, Nie bergabung dengan Perkumpulan Musik dan Drama Mingyue yang dikepalai oleh Li Jinhui sebagai pemain biola. Juli 1932, ia menerbitkan tulisannya yang diberi judul 'Risalah Pendek Tentang Lagu dan Tarian Tiongkok' yang isinya mengkritik Li Jinhui. Hal ini mengakibatkan dirinya diusir dari perkumpulan itu. November 1932, ia bergabung dengan Studio Film Lianhua dan kelompok musik 'Perkumpulan Sahabat Soviet'. Selain itu ia juga mengorganisasi kelompok riset musik kontemporer Tiongkok dan berpartisipasi dalam Uni Dramawan Sayap Kiri. Tahun 1933, ia bergabung dengan Partai Komunis Tiongkok.

April 1934, ia bekerja di perusahaan rekaman Baidai di bagian musik. Pada tahun yang sama ia mendirikan Orkestra Nasional Baidai (juga dikenal dengan nama Orkestra Nasional Sensen). Tahun ini adalah masa-masa paling produktif Nie. Pada awal 1935, ia menciptakan karyanya yang paling terkenal yang kelak dijadikan lagu kebangsaan yaitu Barisan Para Sukarelawan.

Januari 1935, Nie menjadi direktur departemen musik Studio Lianhua II. Ia meninggal pada bulan Juli tahun itu juga karena tenggelam ketika berenang di Jepang.

Selama hidupnya Nie menghasilkan 37 karya yang semuanya dibuat pada dua tahun terakhir kehidupannya. Sebagian besar diantaranya merefleksikan kehidupan dan perjuangan kelas pekerja. Ia sering bekerjasama dengan penulis lirik, Tian Han. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Meilinda Chen, Jakarta

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA