BUDAYA | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 03 Juni 2011

FENG SHUI, TRADISI MENENTUKAN POSISI RUMAH

Sejak lama warga etnis Tionghoa di Jambi memiliki tradisi unik dalam mencari posisi rumah atau tempat ibadah yang ideal. Dipimpin seorang suhu, tradisi memanggil Dewa Sam Tai Kong atau Dewa Feng Shui itu belum lama ini dimulai dengan melantunkan doa-doa dalam bahasa Hokkian, diiringi bebunyian yang terus bersahutan.

Setelah patung dewa dipasang di singgasananya, ritual dilanjutkan dengan doa dan wewangian dupa. Biasanya berselang lima menit, singgasana itu akan bergerak. Dipegang dua orang, singgasana akan bergerak. Konon, digerakkan oleh dewa.

Jika Dewa Sam Tai Kong datang dan merestui acara itu, singgasana kemudian akan diam pada satu titik. Dalam pencarian Feng Shui untuk menentukan altar klenteng baru Leng Chun Keng di Jambi, baru-baru ini, ternyata sang dewa tidak muncul.

Urungnya kedatangan Dewa Sam Tai Kong bisa disebabkan berbagai faktor. Misalnya, sesaji kurang, tempat belum layak dihuni karena kotor atau masalah lainnya.

Saat ini tradisi tersebut sangat jarang dilakukan warga Tionghoa di Jambi. Padahal sejak dulu warga Tionghoa meyakini Feng Shui akan memberikan kebajikan. (*)

http://yinnihuaren.blogspot.com
Email dari: Lina Wang, Jambi

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA